Mahasiswa Harus Perkuat Riset dan Data

14-04-2015 / PIMPINAN

Mahasiswa sebagai kaum intelektual, harus memberikan kontribusinya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Para cendikiawan dan mahasiswa tidak boleh terlalu gelisah melihat perkembangan demokrasi di Indonesia. Mereka dituntut berpikir secara konseptual, dan menyampaikan studi yang diperlukan oleh Anggota Dewan.

Demikian dikatakan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah usai menerima Forum Komunikasi Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (Forum Wacana IPB), di Operation Room, Gedung Nusantara, Senin (13/04/15). Dalam pertemuan ini, Fahri didampingi oleh Kepala Biro Humas dan Pemberitaan Djaka Dwi Winarko.

“Mereka harus perkuat risetnya, jangan emosional, dan jangan galau. Kalau datanya diperkuat, pasti akan ditangkap secara baik oleh Anggota Dewan. Anggota Dewan juga harus siap mendengar dari segala arah, supaya ini menjadi bahan kita untuk mengadvokasi persoalan masyarakat kepada pemerintah didalam rapat Dewan,” jelas Fahri.

Politisi F-PKS ini menambahkan, dalam kehidupan demokrasi, keterbukaan membuat simpang siur keadaan. Sehingga tantangannya dalam demokrasi, Pemerintah harus semakin kuat,  supaya dalam kebebasan yang ada itu tetap harus ada arahnya.

“Jadi wajar kalau mahasiswa dan kaum intelektual banyak yang gelisah karena kadang-kadang respon pemerintah khususnya eksekutif terhadap keadaan itu terlalu lemah, sehingga mereka menganggap situasi ini tidak terkendali. Itu penting didengar dan diketahui oleh pemerintah,” imbuh Fahri.

Politisi asal Dapil Nusa Tenggara Barat ini berpesan, jangan ada rasa pesimisme terhadap demokrasi yang selama ini sudah dibangun. “Harus ada rasa optimisme. Kita lihat ke depannya, apa yang bisa kita perbaiki dan kita koreksi,” tukas Fahri.

Sementara itu sebelumnya, ada beberapa perwakilan mahasiswa yang menyampaikan beberapa hal tentang kondisi Indonesia. Mereka juga menuntut dan menagih janji Anggota Dewan yang sudah duduk di Senayan, salah satunya mengenai biaya pendidikan yang semakin mahal, dan kemiskinan yang masih cukup merajalela.

Usai acara, Fahri memberikan cinderamata kepada perwakilan forum, dan diakhiri dengan foto bersama. (sf), foto : iwan armanias/parle/hr.

 

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Minimalisir Korban Bencana, Pemerintah Harus Sigap Mitigasi dan Penanganannya
01-12-2020 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani meminta pemerintah memantau cermat pelaksanaan mitigasi dan penanganan bencana alam di sejumlah daerah....
Kehadiran Negara di Pelosok Tanah Air Berikan Rasa Aman
30-11-2020 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menyayangkan penyerangan dan aksi teror yang menewaskan 4 warga di Desa Lemban Tongoa,...
Azis Syamsuddin Sepakat Reformasi Birokrasi dan Struktural Perlu Dipercepat
30-11-2020 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo terkait urgensi percepatan reformasi birokrasi dan struktural di...
Ketua DPR Minta Penyelenggara dan Pengawas Pilkada Tegaskan Prokes Covid-19
27-11-2020 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meminta penyelenggara dan pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 menegaskan protokol kesehatan...