MKD Segera Putuskan Kasus Novanto

15-12-2015 / M.K.D.

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dijadwalkan segera melaksanakan rapat pleno untuk mengambil putusan terhadap kasus dugaan pelanggaran kode etik oleh Ketua DPR Setya Novanto. Sidang berlangsung Rabu (16/12) dalam konsinyering dengan agenda utama mendengar pendapat akhir setiap anggota MKD terhadap kasus yang merupakan pengaduan dari Menteri ESDM ini.

 

“Nah disitu forumnya anggota MKD untuk menyampaikan pendapat. Dalam rapat internal telah diputuskan pengambilan keputusan ini berlangsung tertutup sedangkan pengumuman keputusan akan dilakukan terbuka,” kata Ketua MKD Surahman Hidayat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (15/12/15).

 

Keputusan akhir lanjut dia bukan tidak mungkin akan berlangsung dengan mekanisme pemungutan suara. Suara terbanyak akan menjadi keputusan akhir MKD sedangkan suara minoritas dianggap sebagai dissenting opinion. 

 

Rapat internal MKD juga memutuskan untuk tidak akan memanggil lagi pengusaha Reza Chalid, walaupun sudah mangkir sebanyak dua kali. Pengusaha tambang ini disebut mendampingi Novanto dalam pertemuan dengan Presdir Freport, Maroef Sjamsuddin.

 

Sejauh ini keterangan empat pihak dinilai sudah cukup. Mereka ialah pengadu Menteri ESDM Sudirman Said, pihak yang terlibat dalam pertemuan Maroef Sjamsoeddin dan Setya Novanto. Terakhir pihak yang paling sering disebut dalam rekaman yaitu Menko Polhukam Luhut Panjaitan.

 

Wakil Ketua MKD Junimar Girsang mengatakan kasus pelanggaran etika ringan yang dilakukan Novanto pada saat bertemu bakal calon presiden AS dari Partai Republik, Donald Trumph belum lama ini akan jadi pertimbangan. “Sebelumnya teradu sudah pernah dihukum ringan jadi tidak mungkin dihukum ringan lagi, bisa akumulasi,” tutur dia. (iky)/foto:iwan armanias/parle/iw.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
HUT ke-75 DPR, Ketua MKD Ungkap Sebuah Harapan
29-08-2020 / M.K.D.
Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsy mengucapkan selamat HUT ke-75 tahun untuk DPR RI. Ia...
Kemerdekaan Indonesia Ke 75 Tahun Wajib Disyukuri
18-08-2020 / M.K.D.
Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsy mengungkapkan Kemerdekaan Indonesia yang sudah dinikmati selama 75 tahun...
Penegakan Hukum dan Pemberantasan Korupsi Terlewatkan oleh Presiden
14-08-2020 / M.K.D.
Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Habib Aboe Bakar Alhabsy menilai ada yang terlewat dari Pidato Presiden hari ini,...
Pemerintah dan DPR Perlu Duduk Bersama Batalkan RUU HIP
08-07-2020 / M.K.D.
Pemerintah melalui Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD sudah menyampaikan akan melakukan penundaan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan...