Wakil Ketua MKD Kahar Muzakir Digantikan Saiful Bahri Ruray

13-01-2016 / M.K.D.

 

Wakil Ketua DPR-RI Fahri Hamzah meresmikan pergatian keanggotaan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dari Fraksi Partai Golongan Karya (FPG) Kahar Muzakir dari daerah pemilihan Sumatera Selatan I oleh Saiful Bahri Ruray dari daerah pemilihan Maluku Utara. Pelantikan anggota MKD baru tersebut sekaligus membuka masa sidang baru MKD di tahun 2016.

Saiful Bahri yang diminta tanggapannya terkait pengangkatan dirinya sebagai anggota sekaligus Wakil Ketua MKD baru, berkomentar masih menunggu sidang selanjutnya. Pasalnya pada rapat perdana di masa sidang III tahun 2015/2016 MKD belum membahas tentang program internal. Rencananya sidang MKD akan dilakukan kembali pada Kamis 14 Januari 2016. 

Dalam sambutannya, Fahri Hamzah mengharapkan agar rencana sistem pencegahan pelanggaran etik anggota dewan dapat realisasikan secara optimal. Hal ini dia sampaikan guna menjawab keraguan masyarakat terhadap kinerja MKD.

"Karena ujung tombak dari penjagaan etika anggota dewan ada di MKD, sedikit banyak ini akan terkait dengan fungsi dan pemahaman MKD," papar Anggota Dewan dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat ini, di ruang rapat MKD, Rabu (13/01).

Di tahun kedua masa baktinya ini Fahri sebagai unsur Pimpinan DPR-RI menargetkan untuk memperkuat sistem pendukung dan menunjukkan pelaksanaan program secara baik. "Dalam rapim kemarin mudah-mudahan bisa selesai 30 undang-undang, agar bisa menjawab keraguan masyarakat," ungkapnya.

Hadir dalam peresmian keanggotaan sekaligus Wakil Ketua MKD dari FPG ini Ketua MKD Surahman Hidayat dan Wakil Ketua Sufmi Dasco Ahmad serta sepuluh anggota MKD lainnya. (se,mp)/foto:naefurodji/parle/iw.

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
HUT ke-75 DPR, Ketua MKD Ungkap Sebuah Harapan
29-08-2020 / M.K.D.
Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsy mengucapkan selamat HUT ke-75 tahun untuk DPR RI. Ia...
Kemerdekaan Indonesia Ke 75 Tahun Wajib Disyukuri
18-08-2020 / M.K.D.
Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsy mengungkapkan Kemerdekaan Indonesia yang sudah dinikmati selama 75 tahun...
Penegakan Hukum dan Pemberantasan Korupsi Terlewatkan oleh Presiden
14-08-2020 / M.K.D.
Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Habib Aboe Bakar Alhabsy menilai ada yang terlewat dari Pidato Presiden hari ini,...
Pemerintah dan DPR Perlu Duduk Bersama Batalkan RUU HIP
08-07-2020 / M.K.D.
Pemerintah melalui Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD sudah menyampaikan akan melakukan penundaan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan...