Pemerintah Harus Tingkatkan Penerimaan Negara

17-02-2016 / BADAN ANGGARAN

Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR) menggelar Rapat Kerja dengan Menteri Keuangan RI dan Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Rabu (17/2). Raker ini membahas tentang perkembangan ekonomi nasional tahun 2016.

 

Anggota Banggar DPR-RI Johnny G. Plate memperkirakan penerimaan  negara pada tahun ini menurun. Menurutnya ini menjadi permasalahan ekonomi yang patut dikhawatirkan, pasalnya pendapatan negara tentu berhubungan dengan perkembangan ekonomi nasional.

 

"Hampir semua penerimaan negara kita diperkirakan turun pada tahun ini. Penerimaan pajak bumi dan bangunan serta bea cukai cenderung turun dan besarannya pun di atas 100 trilyun dari penerimaan negara kita" ungkap Johnny.

 

Anggota Dewan dari dapil Nusa Tenggara Timur I ini menekankan kepada pemangku kepentingan, Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro dan beberapa lembaga di bawah naungan Menkeu agar memberikan perhatian secara serius soal penerimaan negara. 

 

"Kami ingin menggaris bawahi agar ini menjadi catatan, sehingga rencana pertumbuhan kita  dapat dipertahankan dengan stimulus belanja negara," jelas politisi dari Farksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

 

Dalam raker yang dipimpin Ketuanya Kahar Muzakir, Banggar menilai sejumlah asumsi yang tertuang dalam APBN 2016 sudah tidak lagi sesuai dengan realita yang ada saat ini. Target penerimaan pajak yang terlalu tinggi juga masih menjadi sorotan para anggota dewan terhadap penerimaan negara tahun ini.

 

Johnny juga mengharapkan agar pemerintah mampu merealisasikan pertumbuhan ekonomi. Jika pemerintah tidak mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi, menurutnya maka kinerja pemerintah layak dikoreksi. "Kami khawatir apabila memang belanja kita pada tahun 2016 ini masih sama dengan tahun 2015, kita harus mengkoreksi pertumbuhan kita lagi," pungkasnya. (eko,mp), foto : andri/parle/hr.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kebijakan Fiskal Ekspansi-Konsolidatif RAPBN 2021 Untuk Bangkitkan Ekonomi
20-07-2020 / BADAN ANGGARAN
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, MH Said Abdullah meminta pemerintah merancang kebijakan fiskal ekspansi-konsolidatif dalam merumuskan RAPBN 2021 agar...
Penanganan Covid-19 Jadi Landasan dalam Pemulihan Sosial Ekonomi
15-07-2020 / BADAN ANGGARAN
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI MH. Said Abdullah menegaskan, penanganan Covid-19 saat ini akan menjadi landasan dalam pemulihan sosial...
Banggar DPR Ingatkan Pemerintah Target Pajak 2021
09-07-2020 / BADAN ANGGARAN
Badan Anggaran (Banggar) DPR RI memberi catatan kepada Pemerintah terkait dengan target penerimaan pajak pada tahun2021. Berdasarkan catatan dari Panitia...
Banggar DPR Sepakati Asumsi Makro RAPBN 2021 Dengan Sejumlah Catatan
01-07-2020 / BADAN ANGGARAN
Badan Anggaran (Banggar) DPR RI bersama pemerintah menyepakati asumsi makro pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021. Memimpin...