DPR Ingin Ada Gerakan Kembali Ke Perpustakaan

23-03-2016 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI Fahry Hamzah mengatakan bahwa DPR ingin ada gerakan kembali ke perpustakaan, hal itu disampaikan pada saat berkunjung ke Kantor Pusat Bank Indonesia, dalam rangka melihat sistem pengelolaan perpustakaan milik BI, di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

 

Kedatangan Pimpinan Dewan itu disambut oleh Deputy Gubernur Bank Indonesia Hendar Harahap yang didampingi oleh Kepala BI Institute Sugeng, serta Kepala Departemen Komunikasi Tirta Segara.

 

“Setiap lembaga yang diluar terlihat hebat, seperti BI, banyak anak-anak Indonesia yang ingin bekerja disana, karena lembaga tersebut dianggap memiliki wibawa, dan hal ini salah satu faktornya karena tradisi keilmuannya tetap dijaga,” ujar Fahry.

 

Politisi PKS dapil NTB itu juga menilai, begitu seriusnya Bank Indonesia dalam membangun perpustakaan miliknya, hal tersebut menjelaskan bahwa komitmen perpustakaan BI untuk menjadi centre of  the exellent  yaitu tempat bagi orang-orang terbaik, itu harus dijaga. Yakni dengan cara menjaga tradisi belajar dan tradisi membacanya yang ditopang dengan keharusan adanya perpustakaan.

 

“DPR memiliki dua sayap, yaitu sayap politik dan sayap birokrasinya, sayap politinya memang tidak permanen, tapi sistem pendukungnya tidak boleh tidak permanen, seperti Tenaga ahli, tim riset, dan juga para peneliti didalamnya, maka lembaga Dewan ini harus membangun tradisi keilmuan didalam DPR, supaya anggota Dewan yang datang silih berganti itu, dapat diisi dengan ilmu,” ujarnya.

 

DPR sebagai salah satu kelembagaan demokrasi yang ada di Indonesia, menurut Fahri, harus dapat membangun parlemen yang baik dan kuat, salah satunya dengan membangun tradisi membaca didalamnya.

 

Oleh karenanya, tambah Fahri, keberadaan DPR ini harus didukung oleh tradisi keilmuan didalamnya, agar kualitas dari pada manusianya, paling tidak memiliki informasi yang cukup dan baik untuk berbicara kepada masyarakat dan dapat melakukan advokasi kepada kepentingan-kepentingan publik. (dep,nt) foto : kresno/mr.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR Perdalam Pemanfaatan Energi Terbarukan ke Australia
14-12-2018 / PIMPINAN
Tim Kunjungan Kerja Muhibah DPR RI dipimpin Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto berkunjung ke Parlemen Adelaide dan beberapa tempat...
Fahri Hamzah Dukung Pansus Tercecernya KTP-el
13-12-2018 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyambut baik rencana DPR RI membentuk Panitia Khusus (Pansus) yang bertujuan menginvestigasi kasus tercecernya...
Wakil Ketua DPR Fadli Zon Desak Mendagri Mundur
12-12-2018 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zonmendesak Menteri Dalam NegeriTjahjo Kumolo agar sebaiknya mundur dari jabatannya menyusul penemuan ribuan kartu tanda...
Dana Otsus Papua Perlu Dilanjutkan
11-12-2018 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyebut bahwa Dana Otonomi Khusus (Otsus) bagi Papua yang masa tenggatnya akan habis pada...