Wakil Ketua Komisi V DPR, Mulyadi - Harus Ada Punishment Terhadap Kontraktor Nakal

05-02-2010 / LAIN-LAIN

Wakil Ketua Komisi V DPR, Mulyadi (F-PD) mengatakan, seharusnya pemerintah memberikan sanksi kepada kontraktor yang tidak bekerja secara optimal dan menyalahi aturan. Sebaliknya kepada kontraktor yang mengikuti aturan, Mulyadi mengusulkan agar pemerintah memberikan penghargaan. Hal tersebut dikatakan Mulyadi ketika ditemui di ruang kerjanya, Gedung Nusantara I DPR, Jum’at (5/2).

 “Berikan pinalti kepada kontraktor yang nakal, dan berikan reward kepada kontraktor yang baik,” ujar Mulyadi.

Yang terjadi sekarang menurut Mulyadi adalah ketidak jelasan karena tidak adanya reward and punishment kepada para kontraktor yang nakal dan baik. Menurut Mulyadi, harus ada kedua aspek tersebut. Karena jika tidak ada, akan sangat sulit pemerintah kita mencapai good governance.

Mulyadi mengharapkan agar pemerintah jangan terkooptasi dengan pola kerja yang sudah ada. “Harus ada terobosan, jangan kita tabu untuk merubah sesuatu yang sebetulnya tidak biasa,” kata Mulyadi.

Selain itu Mulyadi juga berharap agar pendekatan yang dilakukan sekarang bukan hanya pendekatan output tetapi harus melakukan pendekatan outcome. Artinya dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur harus dilihat apakah pembangunan tersebut dapat dimanfaatkan atau tidak oleh masyarakat. “Selama ini hanya membangun tetapi bangunan itu tidak dimanfaatkan oleh masyarakat karena alasan tertentu,” katanya.

Demikian juga pengawasan DPR, menurutnya selama ini DPR hanya melakukan pengawasan output dan bukan pengawasan outcome. “Jika kita hanya melihat out put saja, saya rasa banyak sekali keuangan negara atau pembangunan yang tidak bermanfaat,” jelasnya.

Seharusnya pemerintah juga melakukan pengawasan yang terkait dengan pelaksanaan., dan apa yang telah diselesaikan oleh Pemerintah Pusat harus ada serah terima dengan melalui cek fisik laboratorium. Sedangkan yang sekarang masih berjalan menurut Mulyadi adalah pengawasan yang normatif, “Bukan hanya cek normatif saja,” ujar Mulyadi.(iwan/olly) Foto:Iwan Armanias.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Pemenuhan Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas Merupakan Wujud Kehadiran Negara
07-08-2020 / LAIN-LAIN
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengajak anak-anak penyandang disabilitas untuk tidak rendah diri dalam pergaulan, baik...
Secara Teknikal Indonesia Sudah Resesi
07-08-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun menilai dilihat dari data BPS Badan Pusat Statistik, saat ini pertumbuhan ekonomi di...
Legislator Siap Perjuangkan Pembangunan Infrastruktur Natuna
05-08-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi V DPR RI Ansar Ahmad menegaskan siap memperjuangkan pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Dimana, masih...
Serahkan Surat Nasabah Bumiputera, Legislator Harap Pertemuan Manajemen Segera Terlaksana
04-08-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati menepati janjinya untuk memperjuangkan hak nasabah AJB Bumiputera yang menemuinya di Gedung DPR...