Banggar DPR Setujui Postur Sementara APBN-P 2016

21-06-2016 / BADAN ANGGARAN
Badan Anggaran DPR RI selenggarakan rapat kerja dengan Menteri Keuangan RI, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Gubernur Bank Indonesia. Dalam rapat yang dipimpin Ketua Banggar Kahar Muzakir ini, menyetujui Postur Sementara RAPBNP Tahun 2016 yang diajukan oleh Kementerian Keuangan RI. 
 
 
"Apakah postur sementara yang diajukan Menkeu dapat kita setujui?" tanya Pimpinan Sidang kepada jajaran Anggota Banggar, Selasa (21/6), seketika dijawab "setuju" dengan jawaban tersebut, Kahar pun mengetuk palu sidang, sebagai pertanda pengesahan usulan Kemenkeu.
 
 
Dalam rapat yang diselenggarakan di Ruang Sidang Banggar Nusantara II ini, beberapa anggota Banggar meyoroti tentang dana desa yang tetap dan tidak bertambah, padalah dana yang sudah ada masih dianggap belum ideal. 
 
 
Menurut Anggota Banggar Achmad Hatari, jika pemerintah konsisten membangun daerah maka dana desa sebaiknya ada penambahan. "Ini merupakan bentuk keberpihakan kepada daerah," ujar Politisi dari Fraksi Partai NasDem. 
 
 
Selain dana desa, subsidi pupuk juga menjadi perhatian, mengingat target pemerintah yang ingin mewujudkan kedaulatan pangan nasional. 
 
 
Sebelumnya Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menjelaskan tentang asumsi dasar ekonomi makro dengan indikator pertumbuhan ekonomi APBNP dan RAPBNP 5,3 persen sedangkan kesepakatan Panja A 5,2 persen. Menurut Menkeu yang berpengaruh besar adalah harga minyak mentah Indonesia dengan kesepakatan Panja A US$ 40 per barel, sehingga dengan total cost recovery 8,0 miliar dolar. (eko,mp), foto : andri/hr.

  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kebijakan Fiskal Ekspansi-Konsolidatif RAPBN 2021 Untuk Bangkitkan Ekonomi
20-07-2020 / BADAN ANGGARAN
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, MH Said Abdullah meminta pemerintah merancang kebijakan fiskal ekspansi-konsolidatif dalam merumuskan RAPBN 2021 agar...
Penanganan Covid-19 Jadi Landasan dalam Pemulihan Sosial Ekonomi
15-07-2020 / BADAN ANGGARAN
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI MH. Said Abdullah menegaskan, penanganan Covid-19 saat ini akan menjadi landasan dalam pemulihan sosial...
Banggar DPR Ingatkan Pemerintah Target Pajak 2021
09-07-2020 / BADAN ANGGARAN
Badan Anggaran (Banggar) DPR RI memberi catatan kepada Pemerintah terkait dengan target penerimaan pajak pada tahun2021. Berdasarkan catatan dari Panitia...
Banggar DPR Sepakati Asumsi Makro RAPBN 2021 Dengan Sejumlah Catatan
01-07-2020 / BADAN ANGGARAN
Badan Anggaran (Banggar) DPR RI bersama pemerintah menyepakati asumsi makro pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021. Memimpin...