Pers Diharapkan Mampu Jaga Keutuhan NKRI

08-02-2017 / KOMISI I

Keberadaan pers di era reformasi saat ini memiliki peranan penting dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. Informasi yang disebarluaskan kepada masyarakat tidak akan bisa beredar secara cepat tanpa adanya pers.

 

Terkait dengan Hari Pers Nasional yang diperingati tiap 9 Februari, Ketua Komisi I DPR RI  Abdul Kharis Almasyhari mengatakan pers memiliki peran yang cukup signifikan dalam menjaga keutuhan NKRI. Demikian disampaikan saat dihubungi Parlementaria pada Rabu, (08/01/2017) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

 

Ia pun berharap, dengan diperingatinya Hari Pers Nasional itu dapat menjadi momentum bagi insan media untuk mampu menyajikan berita yang benar dan objektif dengan sumber yang akurat. Sehingga dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat.

 

“Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2017. Semoga Pers Indonesia senantiasa menyajikan berita yang benar dan obyektif dengan rujukan sumber yang akurat,” ujar Abdul Kharis.

 

Politisi PKS ini pun meyakini bahwa keberadaan pers yang akurat mampu menjadi benteng dalam menjaga keutuhan NKRI. Terlebih saat ini dengan hiruk pikuk pilkada sangat banyak informasi hoax yang beredar di masyarakat, sehingga keberadaan pers yang objektif menjadi penting untuk menjaga keutuhan NKRI.

 

“Berita yang benar dan obyektif dengan rujukan sumber yang akurat  mampu turut menjaga keutuhan NKRI,” ujar legislator dapil Jawa Tengah V ini.

 

Sebagaimana diketahui, penetapan Hari Pers Naisonal pada tanggal 9 Februari diputuskan melalui Surat Keputusan Presiden No. 5 Tahun 1985.  Pada tahun 2017 ini, peringatan Hari Pers Nasional dipusatkan di Kota Ambon.  (hs, sc) Foto :Jaka/od.

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
UU ITE Harus Dipahami Generasi Muda
20-09-2018 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mengatakan, diskusi panel bertema “Relevansi UU ITE Pasca Revisi” dalam rangkaian kegiatan Parlemen Remaja...
Komisi I Setujui RUU Kerja Sama Pertahanan Indonesia dengan Belanda dan Arab Saudi
19-09-2018 / KOMISI I
Komisi I DPR RI menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengesahan Nota Kesepahaman antara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan Kementerian Pertahanan Kerajaan...
Legislator Pertanyakan Dasar Penyusunan RUU Kerja Sama Pertahanan Luar Negeri
18-09-2018 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI Supiadin Aries Saputra mempertanyakan peran Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara yang tidak...
Program Pemantapan Nilai Kebangsaan Harus Sentuh Generasi Muda
14-09-2018 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI Jerry Sambuaga mendorong agar program pemantapan nilai-nilai kebangsaan di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dapat disentuh...