INDONESIA TERUS TINGKATKAN PERAN DI DUNIA INTERNASIONAL

12-01-2009 / LAIN-LAIN

 

 

            Ketua Komisi I DPR Theo L Sambuaga menjelaskan bahwa Indonesia akan terus meningkatkan perannya di dunia internasional. Hal itu diungkapnya saat menerima SAIS Graduate Students From John Hopkins University didampingi Anggota Komisi Marzuki Darusman di Gedung Nusantara II DPR, Senin (12/1).

            “Indonesia akan terus memeningkatkan kerjasama yang telah berjalan,” katanya.

            Menurut Theo, kerjasama yang telah terjalin antara Indonesia dengan negara-negara lain khususnya negara di kawasan Asia akan terus ditingkatkan.

            Dalam pertemuan itu, Ketua Komisi I menjelaskan bahwa saat ini kondidi perekonomian Indonesia telah kembali normal setelah tertimpa krisis ekonomi di tahun 1998. Krisis ekonomi pada tahun tersebut juga menyerang negara Asia lainnya seperti Malaysia, Thailand dan Korea Selatan.

            “Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Indonesia telah kembali normal,” jelas Theo.

            Lebih jauh, menurutnya saat ini kehidupan politik di Indonesia telah berjalan lebih baik. Theo menilai, nilai-nilai demokrasi di Indonesia terus berkembang, begitu juga dengan penegakan Hak Asasi Manusia.

            “Dalam bidang politik, kami sekarang lebih demokratis,” katanya.

           

            Permasalahan Myanmar

            Dalam pertemuan tersebut, Ketua Komisi I Theo L Sambuaga menjelaskan bahwa salah satu permasalahan yang hingga saat ini belum menemukan titik terang adalah persoalan demokratisasi di Myanmar. Menurutnya, Indonesia dan negara Asean lainnya terus berusaha mencari formula guna menyelesaikan permasalahan itu.

            “Kami bekerja keras dan mendesak untuk mengembalikan demokrasi di Myanmar,” katanya.

            Saat ini Parlemen Indonesia secara simultan terus berusaha mencari solusi guna menyelesaikan permasalahan di Myanmar yang telah berlangsung berlarut-larut.

           

Harapan Terhadap Obama

            Sementara itu, terkait dengan terpilihnya Barrack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat, Ketua Komisi I berharap hal itu akan memperbaiki hubungan yang telah terjalin antara Indonesia dengan Amerika Serikat. Theo menilai, Obama akan memberi angin segar terhadap kerjasama yang trejalin di dunia internasional.

            “Kami melihat Presiden dari Partai Demokrat lebih akomodatif,” ujarnya.

            Theo yang memimpin Komisi yang membidangi hubungan luar negeri berharap hubungan antara Indonesia dengan Amerika Serikat akan meningkat seiring terpilihnya Obama sebagai presiden terpilih. “Kami sangat berharap hubungan baik antara kedua negara (Indonesia dan Amerika Serkat) berjalan lebih baik,” katanya. (bs)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
'Stand Up Comedy’ Sarana Tepat Tunjukkan Keterbukaan DPR
23-09-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi DPR RI Muhammad Farhan mengapresiasi penyelenggaraan Workshop Penulisan NaskahStand Up Comedy oleh Perpustakaan Sekretariat Jenderal DPR RI. Farhan...
PIA DPR Gelar Baksos Lawan Covid-19 di Kompleks Parlemen
15-09-2020 / LAIN-LAIN
Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI kembali menggelar bakti sosial (baksos) dalam rangka memperingati HUT ke-75 DPR RI yang jatuh...
Hakim Konstitusi Harus Negarawan
08-09-2020 / LAIN-LAIN
Jabatan hakim konstitusi merupakan salah satu jabatan yang persyaratannya diatur dalam UUD Negara Republik Indonesia 1945. Salah satu syarat yang...
DPR Hadiri Sidang Gugatan UU Perasuransian di MK
08-09-2020 / LAIN-LAIN
Tim Kuasa DPR RI diwakili Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun memberikan keterangan dalam Sidang Pleno Perkara Nomor 531.32/PAN.MK/8/2020...