Pansus Gelar Rapat Terakhir Kamis Lusa Selesaikan 5 Isu Krusial

06-06-2017 / PANITIA KHUSUS

Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy menyatakan, pembahasan RUU sudah mendekati masa akhir, dimana Pansus segera memutuskan segala macam perdebatan yang sampai hari ini belum diputuskan. Totalnya ada 20 isu krusuial dan sudah diputuskan 15, karena itu sisanya 5 isu krusial tersebut akan diputuskan Kamis (8/6) lusa, sebagai rapat Pansus terakhir.

 

Dijumpai wartawan sebelum mengikuti Rapat Paripurna DPR Selasa (6/6), Lukman Edy mengatakan, dalam Rapat Pansus nanti tetap akan menggunakan metode musyawarah mufakat. “Kalau tidak tercapai maka akan diputuskan pemungutan suara (voting) di Rapat Paripurna. Itulah skenario Pansus untuk menyelesaikan RUU Pemilu,” tandasnya.

 

Terkait dengan rekapitulasi suara, ungkap Lukman, awalnya Panja memutuskan dari TPS langsung Kabupaten, tapi mendapat tanggapan dari KPU, Bawaslu dan beberapa LSM serta sejumlah fraksi, bahwa ada kesulitan teknis sendiri untuk memotong sampai dua tingkatan yakni desa dan kecamatan.

 

Akhirnya Pansus sepakat proses rekapitulasi suara yang dipotong hanya pada satu tingkatan dari TPS langsung Kecamatan, setelah itu langsung ke Kabupaten.

 

Sedangkan untuk penambahkan anggota DPR, kata Lukman Edy sudah klir di angka 15. Pemerintah dan Pansus sepakat untuk menambah kursi DPR yang selama ini 560 menjadi 575 anggota. Sedangkan mengenai distribusi penambahan kursi tersebut, masih dilakukan pembicaraan dan loby-loby.

 

Pada dasarnya, lanjut politisi PKB ini, penambahan kursi itu untuk menutup defisit suara di 12 provinsi yang hampir dalam dua kali pemilu lalu mengalami under represented. (mp), foto : rizka/hr.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
RUU Perjanjian MLA RI – Swiss Disetujui
03-07-2020 / PANITIA KHUSUS
Perjanjian Bantuan Hukum Timbal Balik dalam Masalah Pidana atau Treaty on Mutual Legal Assistance (MLA) in Criminal Matters between the...
Pimpinan Pansus RUU Perjanjian Hukum Timbal Balik Pidana Indonesia-Swiss Disahkan
24-06-2020 / PANITIA KHUSUS
Wakil Ketua Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) M. Azis Syamsuddin mengesahkan Pimpinan Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang tentang Pengesahan...
Jangan Ada Persoalan Geostrategi pada Pemindahan Ibu Kota Negara
27-09-2019 / PANITIA KHUSUS
Anggota Panitia Khusus Pemindahan Ibu Kota Negara (Pansus IKN) DPR RI M Sarmuji menegaskan, pada rencana pemindahan ibu kota jangan...
Pemindahan Ibu Kota Harus Pertimbangkan Aspek Sosial, Ekonomi, dan Budaya
26-09-2019 / PANITIA KHUSUS
Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia bukan hanya memindahkan fisik seperti bangunan dan kantor. Namun lebih dari itu juga memindahkan seluruh...