Rapim DPR Akan Bahas Perppu Ormas

17-07-2017 / PIMPINAN

Pimpinan DPR RI bersama para Pimpinan Fraksi akan mengadakan Rapat Badan Musyawarah, dengan agenda salah satunya adalah pembahasan surat mengenai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan yang telah dikirimkan Presiden Joko Widodo, pekan lalu.

 

“Senin (17/7/2017) siang ini rencananya ada Rapat Pimpinan DPR, tentunya mengagendakan di dalam Rapat Badan Musyawarah untuk dibacakan Perppu pada Rapat Paripurna DPR,” kata Wakli Ketua DPR Bidang Korinbang Agus Hermanto di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (17/7/2017).

 

Politisi F-PD itu memastikan, setelah Perppu dibacakan dalam Rapat Paripurna, maka sudah resmi masuk ke DPR dan akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan dengan waktu satu kali masa sidang berikutnya.

 

Namun, karena sebentar lagi DPR akan menjalani reses, sehingga DPR harus memproses dan memberikan jawaban terkait Perppu tersebut pada masa sidang berikutnya. Agus memastikan, pembahasan Perppu hanya dalam satu kali masa sidang.

 

“Apabila Perppu itu diterima, langsung menjadi undang-undang. Namun apabila ditolak, tentu kembali pada Undang-Undang nomor 17 tahun 2003 tentang Ormas,” imbuh politisi asal dapil Jawa Tengah I itu.

 

Sebelumnya, Agus juga memastikan bahwa pihaknya telah menerima surat pemerintah terkait Perppu Nomor 2 Tahun 2017, pada pekan lalu. Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengumumkan penerbitan Perppu nomor 2 tahun 2017 tentang Ormas pada Rabu (12/7/2017). Perppu tersebut diterbitkan akibat situasi yang mendesak karena perkembangan terkini sementara Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas belum memadai. (sf/sc), foto : andri/hr.

 

 

BERITA TERKAIT
Masjid Al-Aqsa Harus Segera Dibuka Kembali
25-07-2017 / PIMPINAN
Penutupan dan tindak kekerasan yang dilakukan oleh tentara Israel terhadap jamaah Masjid Al-Aqsa yang menyebabkan tewasnya tiga warga Palestina dan...
Ketua DPR Didaulat Jadi Penguji Calon Doktor Hukum di Untag
24-07-2017 / PIMPINAN
Ketua DPR Setya Novanto didaulat menjadi penguji nonakademis calon doktor hukum Adies Kadir yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi III...
Fadli Zon Terima Kunjungan Delegasi Parlemen Pakistan
19-07-2017 / PIMPINAN
Hubungan antara Indonesia dengan negara Pakistan sudah terjalin lama, dan diantara kedua negara tersebut juga memiliki beberapa kesamaan. Untuk membangun...
Aspek Kehati-hatian Harus Dikedepankan Pemerintah
18-07-2017 / PIMPINAN
Fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat RI telah memberikan pandangan terhadap RUU Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran...

  • SHARES