Komisi V Tinjau Calon Lokasi Rusunawa Wates Magelang

15-01-2018 / KOMISI V

Tim Kunspek Komisi V DPR RI, dipimpin Ketua Komisi Fary Djemi Francis tinjau calon lokasi Rusunawa di Wates Beningan, Kota Magelang/Foto:Iwan Armanias/Iw

 

Tim Kunjungan Spesifik (Kunspek) Komisi V DPR RI meninjau calon lokasi Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang berlokasi di Wates Beningan, Kelurahan Wates, Kota Magelang. Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis mengaku, pihaknya mendukung pembangunan Rusunawa itu.

 

Politisi F-Gerindra itu memastikan, Rusunawa pasti akan dibangun di Kota Magelang, karena dananya sudah ada di Kementerian PUPR. Saat ini, tinggal kesiapan Pemkot Magelang menyiapkan lahannya.

 

“Kalau lahan sudah ada dan siap, kami yakin Februari nanti sudah bisa dibangun,” kata Fary di sela-sela peninjauan, dengan didampingi  Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina beserta jajaran, di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (11/01/2018).

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Magelang, Deddy Eko Sumarwanto mengatakan, Rusunawa yang baru dibangun diatas tanah milik Pemkot Magelang dengan luas 4.500 m2. “Lokasi sudah disiapkan di Kelurahan Wates dekat dengan Pasar Kebonpolo,” imbuhnya.

 

Pemkot Magelang, lanjut Deddy, sudah mengajukan ke Pemerintah Pusat dan pembangunannya dilakukan Kementerian PUPR. Spesifikasi Rusunawa, jelasnya, ditentukan Kementerian PUPR. Rencananya Rusunawa Wates dibangun empat lantai, yang terdiri dari 60 rumah.

 

“Bisa saja spesifikasinya berbeda dengan Rusunawa sebelumnya. Meski beda, tapi kami yakin akan lebih bagus dan diharapkan para penghuni nanti merasa lebih nyaman,” harapnya.

 

Deddy mengatakan, dengan akan dibangunnya Rusunawa di Wates ini, maka Pemkot Magelang akan memiliki tiga Rusunawa, dimana dua Rusunawa lainnya sudah ditempati, yakni Rusunawa Potrobangsan dan Rusunawa Tidar Selatan.

 

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina mengatakan, kedatangan tim Komisi V DPR ke Magelang merupakan suatu kehormatan. Karena dapat dipastikan Kota Magelang bakal menerima sejumlah bantuan dana dari Pemerintah Pusat.

 

“Merupakan kehormatan, Kota Magelang akan mendapat dana-dana dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan infrastruktur, seperti Jembatan Layang Canguk dan Rusunawa," pungkasnya.

 

Sebelumnya, Komisi V DPR juga meninjau calon lokasi pembangunan flyover Canguk, lokasi Rusunawa Potrobangsan dan drainase yang kerap menimbulkan genangan air. (iw/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Nurhayati Dorong Pemdes Terapkan Digitalisasi Monografi Desa
27-07-2020 / KOMISI V
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Nurhayati Monoarfa mendorong Pemerintah Desa (Pemdes) menerapkan Digitalisasi Monografi Desa untuk reformasi sistem. Menurut...
Syarief Abdullah: Kades Sudah Maksimal Membangun Desa
16-07-2020 / KOMISI V
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie mengapresiasi kinerja Kepala Desa dalam membangun di desa. Syarief menegaskan, dana...
Mulyadi: Kekayaan Negara Harus Dimaksimalkan dengan Manajemen Aset
15-07-2020 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR Mulyadi mendesak sejumlah kementerian agar memiliki lembaga yang mampu memanajemen aset. Hal ini penting dimiliki agar,...
Legislator Desak Menhub Usut Importir Kendaraan Penunggak PNBP
15-07-2020 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho mendesak Menteri Perhubungan untuk mengusut Agen Pemegang Merk (APM) atau importir kendaraan ihwal...