Peserta Jamkestama Harus Diberi Layanan Terbaik

26-01-2018 / B.U.R.T.

Anggota BURT DPR Ribka Tjiptaning saat pertemuan dengan jajaran Direksi RSUP dr. M. Djamil Padang, foto : suciati/hr

 

 

Peserta Jaminan Kesehatan Utama (Jamkestama) yang terdiri dari para anggota DPR RI dan keluarganya berhak atas akses layanan kesehatan VVIP. Jasindo sebagai penyelenggara Jamkestama telah memberi jaminan kesehatan dan menjalin kerja sama dengan sejumlah rumah sakit berfasilitas lengkap di seluruh Indonesia. Inilah regulasi yang diberikan kepada para pejabat penyelenggara negara.

 

Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI selalu memantau kerja sama Jasindo dengan sejumlah rumah sakit tersebut, termasuk akan melakukan kerja sama dengan RSUP dr. M. Djamil di Padang, Sumatera Barat. Rumah sakit bertipe A ini memiliki fasilitas kesehatan sangat lengkat plus tenaga medis yang juga lengkap. Tinggal bagaimana rumah sakit ini memberi layanan yang terbaik sesuai standar VVIP bagi para anggota dewan dan keluarganya.

 

Anggota BURT DPR Ribka Tjiptaning saat pertemuan dengan jajaran Direksi RSUP dr. M. Djamil Padang, Kamis (26/01/2018), menyerukan agar rumah sakit provider yang sudah bekerja sama dengan Jasindo tak perlu lagi menanyakan kartu kepesertaan atau melakukan konfirmasi dulu ke Jasindo. Apalagi, bagi rumah sakit yang dibiayai APBN harus sudah mengerti regulasi layanan bagi peserta Jamkestama.

 

“Rumah sakit ini adalah rumah sakit yang dibiayai oleh APBN. Jangan sampai menolak pasien, apalagi pasien yang di-cover oleh Jasindo yang notabene pejabat negara. Jangan ada cerita lagi, ketika pasien harus diambil tindakan seperti MRI, tetapi harus menunggu konfirmasi dari Jasindo,” ucap Ribka.

 

Yang penting, sambung Anggota F-PDI Perjuangan itu, pasien Jamkestama diberikan layanan medis dahulu dengan cepat dan tepat. Pihak rumah sakit juga tak perlu khawatir dengan klaim pembayaran pesertas Jamkestama, karena pasti mendapat jaminan pembayaran dari Jasindo.

 

Sebaliknya, bagi Jasindo sendiri harus memberi komitmen yang jelas bagi mitra rumah sakitnya. Dengan begitu, tak ada konflik dalam memberi layanan kesehatan VVIP. “Jangan dipersulit pasien yang menggunakan kartu Jasindo,” harapnya, singkat.

 

Senada dengan Ribka, Wakil Ketua BURT Hasrul Azwar juga mendesak rumah sakit provider tak perlu banyak bertanya lagi kepada pasien pemegang kartu Jasindo. Para pemegang kartu itu sudah dipastikan pejabat negara. Ruang perawatan dan layanan VVIP menjadi hak para pejabat bila ingin berobat ke setiap rumah sakit provider yang ditunjuk Jasindo. (sc/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kemandirian adalah Esensi Pembelajaran Jarak Jauh
29-07-2020 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso memaparkan, metode pembelajaran dalam jaringan (daring) memiliki tantangan tersendiri,...
Sambut ‘New Normal’, BURT DPR Cek Kesiapan Bandara Halim
14-07-2020 / B.U.R.T.
Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI mengecek langsung kesiapan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dalam menyambut masa new normal,...
Protokol Bandara Harus Mampu Sesuaikan ‘New Normal’
06-07-2020 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso mengatakan seluruh masyarakat Indonesia mau tidak mau sudah harus...
BURT Tinjau Kesiapan Protokol Normal Baru di Bandara Soetta
06-07-2020 / B.U.R.T.
Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI meninjau layanan keprotokolan bagi Anggota Dewan dalam menghadapi tatanan normal baru di Terminal...