Perlu Pengawasan Mendalam Terhadap Otsus Papua

12-03-2018 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI/Korpolkam, Fadli Zon (F-Gerindra)/Foto:Jaka/Iw

 

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai, perlu adanya pemantauan dan pengawasan secara mendalam mengenai permasalahan mengenai penyalahgunaan pengelolaan dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua. Fadli memastikan, DPR melalui Tim Pemantau Otsus Papua juga memantau dan mengawasi berbagai masalah yang terjadi di sana.

 

“Kami menerima aspirasi-aspirasi tentang masalah yang terjadi, dan tentu saja kami akan berusaha untuk menyelesaikan hal tersebut dan menciptakan kondisi yang kondusif di Papua,” ujar Fadli Zon di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (12/03/2018).

 

Politisi F- Gerindra itu menambahkan, akibat dari penyalahgunaan dana Otsus Papua ini mengakibatkan pembangunan yang terjadi di Papua tidak merata.

 

“Perkembangan di Papua itu tidak merata karena dana yang seharusnya digunakan untuk kemajuan daerahnya disalahgunakan. Oleh karena itu, saya harap hal ini segera ketemu titik terangnya, supaya Papua menjadi kondusif,” tambahnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf mengatakan bahwa permasalahan Otsus Papua merupakan masalah bersama, dan harus dihadapi semua kalangan masyarakat.

 

“Permasalahan ini tidak hanya jadi masalah pemerintah, namun menjadi masalah DPR dan masyarakat juga. Kita semua harus bekerjasama untuk melakukan pengawasan terhadap hal ini,” imbuh politisi F-PD itu.

 

Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Senin (5/3/2018) lalu, telah menyampaikan kepada Pimpinan DPR RI mengenai dugaan telah terjadinya penyalahgunaan pengelolaan dana otonomi khusus daerah Papua dari tahun 2011 hingga 2017. (ila/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Ketua DPR Gelar Open House
21-06-2018 / PIMPINAN
Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah dirayakan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dengan menggelar acara open house di rumah dinasnya,...
Indonesia Kondusif, Ketua DPR Imbau Masyarakat Tidak Terprovokasi
21-06-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan kondisi Indonesia sangat kondusif, sehingga dipercaya menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan (DK) PBB...
Terpilih Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB, Indonesia Harus Perjuangkan Kemerdekaan Palestina
09-06-2018 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengatakan, dengan terpilihnya Indonesia menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB),...
Ketua DPR Pantau Kesiapan Telkom Hadapi Lebaran
08-06-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengunjungi PT. Telkom untuk melihat dari dekat kesiapan jaringan telekomunikasi untuk menunjang akses publik pada...