Kebutuhan Riset Harus Didukung

13-03-2018 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR/Korpol Fadli Zon didampingi Sutan Adil Hendra memberikan keterangan pers usai  menerima  Forum Nasional Profesor Riset di Gedung DPR RI, foto : rni/hr

 

 

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menegaskan, kebutuhan riset harus didukung agar ke depannya para peneliti bisa menghasilkan temuan-temuan yang bermanfaat bagi kemajuan Indonesia.

 

Hal ini disampaikannya kepada awak media usai  menerima  Forum Nasional Profesor Riset di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

 

Menurut Fadli, kebutuhan riset di Indonesia kurang mendapatkan perhatian berbeda jauh dari negara maju yang mendukung setiap kegiatan para penelitinya dalam menciptakan suatu inovasi.

 

Anggaran bagi para peneliti di Indonesia, sambung politisi Gerindra ini, masih sangat kecil berbeda jauh dari negara maju yang memiliki anggaran di bidang riset yang sangat tinggi. Ia menginfokan, banyak para peneliti yang kurang mendapatkan perhatian.

 

“Para peneliti itu adalah National Treasure atau bagian dari sebuah bangsa dan negara karena mereka bisa menghasilkan suatu inovasi teknologi serta temuan-temuan yang bisa mengangkat nama bangsa dan juga bermanfaat bagi masyarakat baik di bidang pangan, industri dan juga kebutuhan sehari-hari,” imbuhnya.

 

Untuk itu, perlu adanya pembentukan suatu dewan riset yang dapat mengkoordinasikan semua kegiatan penelitian, usulnya.  “Pembentukan dewan riset itu perlu sehingga para peneliti bisa mendapatkan perhatian yang lebih dalam menciptakan suatu inovasi,” papar legislator dapil Jawa Barat itu. (tn/sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Guru Honorer Harus Diprioritaskan dalam Rekrutmen CPNS 2018
20-09-2018 / PIMPINAN
Menanggapi aksi guru honorer yang menolak perekrutan CPNS 2018, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendesak pemerintah untuk memprioritaskan guru honorer...
Pentingnya Pendidikan Politik pada Kaum Milenial
20-09-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap parlemen ke depan banyak diisi oleh generasi muda. Karenanya, sangat diperlukan pendidikan politik secara...
Ketua DPR Minta Pelaku Perdagangan Perempuan Dihukum Berat
20-09-2018 / PIMPINAN
Praktik perdagangan manusia ke China, khususnya perempuan terungkap. Sejauh ini diketahui ada 16 perempuan yang dijual ke China. Korban diiming-imingi...
DPR Minta Mendag dan Dirut Bulog Beri Ketenangan pada Masyarakat
20-09-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Komisi IV DPR RI dan Komisi VI DPR RI untuk mengundang Menteri Perdagangan dan...