Pendidikan Pesantren Tetap Relevan Dalam Perkembangan Zaman

19-03-2018 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI/Korpolkam, Fadli Zon (F-Gerindra)/Foto:Naefurodji/Iw

 

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyampaikan pendidikan pesantren tetap relevan dalam perkembangan zaman, bahkan sesuai dengan tradisi budaya nusantara. Pendidikan pesantren dinilainya memberikan pendidikan akhlak dan karakter.

 

“Pendidikan pesantren masih sangat relevan, dan juga sesuai dengan tradisi kita di seluruh Indonesia. Kita banyak sekali pesantren. Pesantren ini kan tidak hanya menggembleng pendidikan akademik, tapi juga terutama akhlak dan karakter,” papar Fadli usai menerima audiensi Pengurus Pusat Hidayatullah di ruang kerjanya, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (19/3/2018). 

 

Fadli menyampaikan pesantren Hidayatullah banyak sekali berjasa dalam mengembangkan dunia pesantren terutama bagi mereka yang kurang mampu, karena mempunyai 350 cabang pesantren yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

 

“Saya juga dulu pernah menjadi relawan ketika masa SMA untuk mengajar di pesantren ini. Saya kira banyak orang yang tidak mempunyai akses kepada pendidikan, bisa mendapat pendidikan dengan gratis,” imbuh Fadli. 

 

Pesantren-Pesantren Hidayatullah berfungsi sebagai tempat untuk mendalami ilmu. Pesantren ini dihuni santri yang tinggal di asrama, guru, pengasuh, pengelola dan jemaah Hidayatullah. Pola pengajaran di Pesantren Hidayatullah adalah sistem pesantren modern, yaitu penggabungan mata ajaran umum Kemendikbud dan mata ajaran khusus atau keislaman (diniyah). 

 

Mata ajaran umum sama seperti mata ajaran pada sekolah–sekolah umum lainnya, seperti matematika, fisika, kimia dan lain lain. Mata ajaran khusus yaitu mata ajaran yang berkaitan dengan keislaman, contohnya aqidah, fiqih, bahasa Arab, dan hafalan/tahfidz Al Qur’an, serta masih banyak lagi mata ajaran yang lain, sesuai dengan jenjang pendidikan dan letak kampus. (eko/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Perlu Dukungan Sarpras untuk Majukan Perekonomian Lhokseumawe
18-01-2019 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memandang perlunya pembangunan berbagai sarana dan prasarana Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Pusong, Kota Lhokseumawe dan...
Pemilu 2019 Tak Boleh Timbulkan Luka
17-01-2019 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tidak boleh menimbulkan luka. Apalagi, perpecahan serta dendam antar...
Pemerintah Diharapkan Hapus Tagihan Kredit Perbankan Korban Bencana
17-01-2019 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah dapat membantu menghapuskan tagihan kredit perbankan bagi para debitur yang terdampak bencana gempa...
Ketua DPR Ajak Pemuda Muhammadiyah Jaga Pesta Demokrasi
17-01-2019 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soestayo mengajak Pemuda Muhammadiyah menjaga suasana teduh dan damai menjelang pesta demokrasi atau Pemilu serentak pada...