Pendidikan Pesantren Tetap Relevan Dalam Perkembangan Zaman

19-03-2018 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI/Korpolkam, Fadli Zon (F-Gerindra)/Foto:Naefurodji/Iw

 

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyampaikan pendidikan pesantren tetap relevan dalam perkembangan zaman, bahkan sesuai dengan tradisi budaya nusantara. Pendidikan pesantren dinilainya memberikan pendidikan akhlak dan karakter.

 

“Pendidikan pesantren masih sangat relevan, dan juga sesuai dengan tradisi kita di seluruh Indonesia. Kita banyak sekali pesantren. Pesantren ini kan tidak hanya menggembleng pendidikan akademik, tapi juga terutama akhlak dan karakter,” papar Fadli usai menerima audiensi Pengurus Pusat Hidayatullah di ruang kerjanya, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (19/3/2018). 

 

Fadli menyampaikan pesantren Hidayatullah banyak sekali berjasa dalam mengembangkan dunia pesantren terutama bagi mereka yang kurang mampu, karena mempunyai 350 cabang pesantren yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

 

“Saya juga dulu pernah menjadi relawan ketika masa SMA untuk mengajar di pesantren ini. Saya kira banyak orang yang tidak mempunyai akses kepada pendidikan, bisa mendapat pendidikan dengan gratis,” imbuh Fadli. 

 

Pesantren-Pesantren Hidayatullah berfungsi sebagai tempat untuk mendalami ilmu. Pesantren ini dihuni santri yang tinggal di asrama, guru, pengasuh, pengelola dan jemaah Hidayatullah. Pola pengajaran di Pesantren Hidayatullah adalah sistem pesantren modern, yaitu penggabungan mata ajaran umum Kemendikbud dan mata ajaran khusus atau keislaman (diniyah). 

 

Mata ajaran umum sama seperti mata ajaran pada sekolah–sekolah umum lainnya, seperti matematika, fisika, kimia dan lain lain. Mata ajaran khusus yaitu mata ajaran yang berkaitan dengan keislaman, contohnya aqidah, fiqih, bahasa Arab, dan hafalan/tahfidz Al Qur’an, serta masih banyak lagi mata ajaran yang lain, sesuai dengan jenjang pendidikan dan letak kampus. (eko/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Ketua DPR Ajak Anggota Dewan Taat Lapor SPT Pajak dan LHKPN
20-03-2019 / PIMPINAN
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) seperti tak kenal lelah, terus membuat inovasi dan gebrakan baru. Secara khusus, DPR...
Kegiatan Pelestarian Keris, Bentuk Apresiasi Budaya
19-03-2019 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon berharap dengan digelarnya pameran ‘Kejayaan Keris Madura’ dapat meningkatkan apresiasi tertinggi terhadap eksistensi keris-keris...
Ketua DPR Bangga Keris Indonesia Diakui Dunia
19-03-2019 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo terus membuat berbagai gebrakan di DPR RI. Setelah kerap mempromosikan keselamatan berlalu lintas dengan menggandeng...
Ketua DPR Terus Genjot Kinerja Parlemen
19-03-2019 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memastikan, meski sudah mendekati Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019, namun kinerja DPR RI tidak...