Ketua DPR Buka Pameran Lukisan Islami

09-07-2018 / PIMPINAN

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo foto : Jaka/mr

 

Lukisan dan kaligrafi artistik hasil karya para pelukis ternama Indonesia terpamer di Ruang Pustakaloka, Gedung Nusantara IV DPR RI, Senayan, Jakarta. Lukisan lama dan kontemporer ikut dipamerkan bersama kaligrafi Islam yang indah khas Indonesia.

 

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo pun membuka secara resmi pameran lukisan ini yang bertajuk ‘Wajah Seni Lukis Islami Indonesia ke-5’, Senin (09/7/2018). Ada 40 lukisan dari 40 pelukis yang tersaji dengan berbagai ukuran, corak, dan tema.

 

Pameran yang digelar hingga 13 Juli ini merupakan hasil kerja sama DPR RI dengan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Pameran ini juga merupakan kelanjutan dari Tausiah Kebudayaan yang diselanggarakan ICMI.

 

“Menurut hemat saya, keberadaan lukisan-lukisan yang bernafaskan Islam, baik yang bertemakan kaligrafi maupun non kaligrafi, karya 40 pelukis dari berbagai kota di Indonesia ini merupakan sesuatu yang sangat menarik. Karena terlihat keterpaduan yang harmonis antara pencapaian artistik spiritual dengan corak kedaerahan yang beragam, sebagaimana Indonesia yang penuh kebhinekaan,” nilai Bamsoet, sapaan akrabnya, dalam sambutannya.

 

Hadir dalam pameran itu, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dan Agus Hermanto, serta Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie. Pada bagian sambutannya, Bamsoet berharap, karya-karya seni lukis dan kaligrafi semacam inilah yang mestinya terpajang di dinding rumah-rumah pejabat dan tokoh nasional.

 

“Harapan saya, peristiwa yang menyejukkan hati ini, di tengah menghangatnya suhu perpolitikan kita dapat berlangsung dengan sukses serta dapat memberikan manfaat bagi semua pihak,” ucap Bamsoet lagi.

 

Acara pembukaan pameran ini juga dimeriahkan pembacaan puisi oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Anggota DPR Ratih Sanggarwati, dan mantan Anggota DPR Jafar Hafsah. (mh/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Guru Honorer Harus Diprioritaskan dalam Rekrutmen CPNS 2018
20-09-2018 / PIMPINAN
Menanggapi aksi guru honorer yang menolak perekrutan CPNS 2018, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendesak pemerintah untuk memprioritaskan guru honorer...
Pentingnya Pendidikan Politik pada Kaum Milenial
20-09-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap parlemen ke depan banyak diisi oleh generasi muda. Karenanya, sangat diperlukan pendidikan politik secara...
Ketua DPR Minta Pelaku Perdagangan Perempuan Dihukum Berat
20-09-2018 / PIMPINAN
Praktik perdagangan manusia ke China, khususnya perempuan terungkap. Sejauh ini diketahui ada 16 perempuan yang dijual ke China. Korban diiming-imingi...
DPR Minta Mendag dan Dirut Bulog Beri Ketenangan pada Masyarakat
20-09-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Komisi IV DPR RI dan Komisi VI DPR RI untuk mengundang Menteri Perdagangan dan...