Orari Jadi Alternatif Komunikasi dan Informasi

09-07-2018 / PIMPINAN

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo foto : Jayadi/mr

 

Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) ternyata memberi peran positif bagi Bangsa Indonesia. Sejak berdirinya 50 tahun lalu, Orari telah memberi alternatif informasi dan komunikasi yang berbeda bagi masyarakat di tengah serbuan teknologi komunikasi saat ini.

 

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan hal itu saat memberi sambutan pada peringatan 50 tahun Orari di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (09/7/2018). Dalam acara ini, juga dilakukan penandatanganan Sampul Hari Pertama (SHP) dan peluncuran Prangko Peringatan 50 Tahun Orari.

 

“Orari masih ada dan saya memahami betul. Perkembangannya sangat dibutuhkan oleh bangsa ini. Kiprahnya luar biasa membantu kesulitan bangsa. Orari menempatkan diri sebagai cadangan nasional di bidang komunikasi,” ucap Bamsoet, sapaan akrabnya, dalam sambutannya.

 

Tidak hanya itu, Orari juga menyajikan informasi yang lebih akurat di tengah begitu banyak informasi hoaks. Bahkan, Orari menjadi alternatif komunikasi bagi masyarakat di ujung negeri yang kesulitan berlomunikasi lewat telepon seluler. Menurut Bamsoet, yang sangat membanggakan dari perkembangan Orari saat ini adalah adanya satelit sendiri untuk menunjang operasionalnya hasil kerja sama dengan Lapan.

 

Satelit A2 itu merupakan karya anak bangsa yang dapat berfungsi dengan baik di udara. Dengan begitu jangkauan siarannya akan lebih luas. Pada bagian lain, Bamsoet juga mengapresiasi, peran Orari yang mempersatukan wilayah Indonesia. Di tapal batas, Orari mampu memunculkan sinyal frekuensinya di tengah klaim negara tetangga.

 

Sementara itu, pada acara ulang tahun Orari ke-50 itu, Bamsoet dinobatkan sebagai anggota kehormatan Orari sekaligus menandatangani perangko 50 tahun Orari. Kini, Orari sudah memiliki lebih 50 ribu anggota di seluruh Indonesia. Acara ini merupakan kali pertama Orari merayakan ulang tahunnya di Gedung DPR RI. (mh/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Guru Honorer Harus Diprioritaskan dalam Rekrutmen CPNS 2018
20-09-2018 / PIMPINAN
Menanggapi aksi guru honorer yang menolak perekrutan CPNS 2018, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendesak pemerintah untuk memprioritaskan guru honorer...
Pentingnya Pendidikan Politik pada Kaum Milenial
20-09-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap parlemen ke depan banyak diisi oleh generasi muda. Karenanya, sangat diperlukan pendidikan politik secara...
Ketua DPR Minta Pelaku Perdagangan Perempuan Dihukum Berat
20-09-2018 / PIMPINAN
Praktik perdagangan manusia ke China, khususnya perempuan terungkap. Sejauh ini diketahui ada 16 perempuan yang dijual ke China. Korban diiming-imingi...
DPR Minta Mendag dan Dirut Bulog Beri Ketenangan pada Masyarakat
20-09-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Komisi IV DPR RI dan Komisi VI DPR RI untuk mengundang Menteri Perdagangan dan...