Komisi V Dukung Peningkatan Jalan Bandara Samratulangi-KEK Likupang

12-07-2018 / KOMISI V

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Lasarus bersama Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI saat meninjau ke Pantai Pal di kawasan Likupang foto : Runi/mr

 

Komisi V DPR RI mendukung upaya peningkatan jalan provinsi di Sulawesi Utara, khususnya ruas Bandara Samratulangi Manado - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang menjadi jalan nasional. Hal ini untuk menjadikan kawasan-kawasan pariwisata unggulan di KEK Likupang menjadi destinasi wisata yang produktif, dengan tingkat pelayanan yang memadai.

 

“Komisi V melihat langsung kawasan Likupang yang menjadi objek wisata, salah satunya Pantai Pal. Saya lihat pantai di sini cukup bagus, dan masih sangat alami. Untuk itu, kami akan mendukung dan membantu mengupayakan jalan tersebut  menjadi jalan strategis nasional,” kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI Lasarus bersama Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI saat meninjau ke Pantai Pal di kawasan Likupang, Desa Marinso, Sulawesi Utara, Rabu (11/7/2018).

 

Menurut politisi PDI-Perjuangan itu, peningkatan status dari jalan provinsi menjadi jalan nasional untuk menunjang akses pariwisata di KEK Likupang perlu didorong secara bersama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Hal itu guna mendukung kawasan Likupang menjadi kawasan pariwisata nasional.

 

“Namun tidak hanya akses jalan saja yang diperlukan, namun peningkatan layanan juga, seperti ketersedian air bersih. Untuk itu, diperlukan inventarisir kebutuhan dari masing-masing sub sektor, sebagai  kebutuhan peningkatan pelayanan bagi destinasi pariwisata tersebut.

 

Lebih lanjut Lasarus menambahkan, pihaknya hadir ke Likupang ini dengan mengajak sejumlah mitra kerja, diantaranya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Kementerian Perhubungan untuk bersama-sama melihat langsung kawasan jalan tersebut dari aspek yuridisnya dan teknis, sehingga menghasilkan keputusan yang baik untuk peningkatan  jalan di kawasan tersebut menjadi jalan nasional. 

 

“Kemudian hasil dari peninjauan ini akan kita bawa ke rapat di DPR, untuk membicarakan prospek selanjutnya. Termasuk juga dari segi anggaran, bisa disiapkan pada tahun ini, atau kita tetapkan pada anggaran tahun 2019,” kata politisi dapil Kalbar itu.

 

Di tempat yang sama, Direktur Pengembangan Jaringan Jalan Kementerian PUPR Rahmad Arif mengatakan, usulan yang disampaikan Pemprov Sulut ke pemerintah pusat terkait akses dari Bandara Samratulangi ke KEK Likupang saat ini sedang dilihat, untuk memastikan potensi wisata di sana berjangka panjang.

 

“Kami sedang melihat secara seksama apakah status jalan tersebut jika kita tingkatkan akan berpotensi besar sebagai kawasan wisata nasional nantinya. Apakah juga layak untuk ditingkatkan menjadi jalan nasional,” ungkap Rahmad. 

 

Ia menambahkan, usulan itu akan dibahas dan dibicarakan terlebih dahulu, dan untuk dananya akan diputuskan. Namun yang paling utama dari usulan ini adalah pihaknya mendapatkan informasi terkait pengembangan kawasan di KEK Likupang ini.

 

“Bina Marga saya rasa bisa melihat dari potensi wisata di kawasan ini. Berapa besar kira-kira kunjungan wisatawan yang berkunjung, seperti turis-turis dari China. Misalnya ada 100 ribu wisatawan yang berkunjung, bisa dilihat dari jumlah kendaraan. Ada berapa puluh persen menggunakan bus, kendaraan pribadi ataupun kendaraan roda dua,” jelas Rahmad. (rni/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
RUU SDA Perkuat Kewenangan Negara Atas Sumber Daya Air
18-07-2018 / KOMISI V
DPR RI bersama pemerintah mulai membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Sumber Daya Air sebagai ganti dari UU Nomor 11 Tahun...
Dana Desa Harus Jadi Stimulus Pertumbuhan Ekonomi
17-07-2018 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Firmandez mengatakan, Dana Desa harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik. Pemanfaatan Dana Desa yang efektif...
Revitalisasi Danau Tondano Diharapkan Kurangi Banjir Manado
16-07-2018 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Henky Kurniadi menilai, posisi Danau Tondano menjadi embrio dari penyebab banjir di Kota Manado, Sulawesi...
Pemerintah Dinilai Kurang Siap Tangani Danau Toba
13-07-2018 / KOMISI V
Peristiwa tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara beberapa waktu lalu, dinilai akibat dari kelalaian manusia....