Agung Budi Santoso: Kartu Peserta Jamkestama Perlu Ditingkatkan Fungsinya

13-07-2018 / B.U.R.T.
 
 
Wakil Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso foto : Naefuroji/mr
 
Wakil Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso menginginkan adanya peningkatan fungsi kartu peserta Jamkestama sehingga memungkinkan ada chip yang berisi riwayat penyakit (rekam medis) si pasien pemegang kartu. 
 
 
"Sehingga ketika pasien datang dalam kondisi tidak sadarkan diri tanpa didampingi keluarganya dokter bisa cepat melakukan tindakan diagnosa dibantu oleh data riwayat penyakit (rekam medis) yang ada dalam chip kartu milik peserta Jamkestama tersebut," ujar Agung usai meninjau fasilitas kesehatan di Siloam Hospitals Manado dalam rangka Kunspek BURT DPR RI, Kamis (12/7/2018).
 
 
Politisi Partai Demokrat ini menekankan perlunya peningkatan layanan kartu peserta yang memiliki data rekam medis akan sangat membantu pihak rumah sakit yang saat menerima pasien sama sekali tidak mengetahui riwayat pasien.
 
 
"Yang kedua, pemegang kartu Jamkestama harus diberikan berbagai fasilitas kemudahan, jangan lagi kita nanti masih disuruh mengisi formulir, mau pulang juga masih dihambat karena proses konfirmasi yang memerlukan waktu cukup lama. Kalau kita sudah ditanggung oleh Jasindo melalui program Jamkestama maka urusan birokrasi menjadi tanggung jawab Jasindo untuk menyelesaikan dengan pihak rumah sakit, jangan lagi mempersulit peserta," ungkap Agung Budi Santoso.
 
 
Politisi kelahiran Pekalongan ini menghimbau Rumah Sakit tidak memperlama proses birokrasi, karena data base peserta Jamkestama terdiri dari suami-istri beserta 3 orang anak semua sudah dishare ke seluruh rumah sakit provider yang bekerja sama dengan Jasindo. Mengenai hal-hal yang dicover dan tidak dicover itu menjadi kesepakatan bersama antara pihak Jasindo dan Rumah Sakit, apapun obat yg diresepkan oleh dokter seharusnya  langsung dicover agar tak lagi memperlambat layanan pasien.
 
 
"Jika ada jeda waktu antara kedatangan pihak keluarga pasien dengan jam besuk, maka ini perlu diberikan fasilitas ruang tunggu yang nyaman agar mereka merasa terlayani dengan baik sambil menunggu kedatangan dokter yang bertugas menangani," imbuhnya.
 
 
Legislator asal Dapil Jawa Barat I ini juga mengapresiasi pilihan Jasindo dalam mencari rumah sakit providernya yang terbaik, representatif dan memenuhi standar untuk melayani peserta Jamkestama, dalam hal ini anggota DPR dan keluarganya.
 
 
"Siloam Hospitals Manado menurut kami sudah cukup baik karena dari sisi dokter spesialisnya sudah banyak, kamar-kamar rawat juga bagus, peralatan medisnya tadi kita lihat sudah cukup lengkap dan tidak diragukan lagi," tutup Agung. (oji,mp)

  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kemandirian adalah Esensi Pembelajaran Jarak Jauh
29-07-2020 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso memaparkan, metode pembelajaran dalam jaringan (daring) memiliki tantangan tersendiri,...
Sambut ‘New Normal’, BURT DPR Cek Kesiapan Bandara Halim
14-07-2020 / B.U.R.T.
Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI mengecek langsung kesiapan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dalam menyambut masa new normal,...
Protokol Bandara Harus Mampu Sesuaikan ‘New Normal’
06-07-2020 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso mengatakan seluruh masyarakat Indonesia mau tidak mau sudah harus...
BURT Tinjau Kesiapan Protokol Normal Baru di Bandara Soetta
06-07-2020 / B.U.R.T.
Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI meninjau layanan keprotokolan bagi Anggota Dewan dalam menghadapi tatanan normal baru di Terminal...