BURT DPR Harapkan RS Charitas Palembang Berikan Pelayanan Optimal

19-07-2018 / B.U.R.T.

Tim Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI dipimpin Wakil Ketua Nurhayati Monoarfa meninjau Rumah Sakit RK. Charitas Palembang, Sumatera Selatan, foto : eka hindra/hr

 

 

Tim Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI dipimpin Wakil Ketua Nurhayati Monoarfa meninjau Rumah Sakit RK. Charitas Palembang, Sumatera Selatan, Senin (16/7/2018). Menurut Nurhayati, dengan kunjungannya ke RS provider ini diharapkan Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan bagi Anggota DPR beserta keluarganya dapat lebih tersosialisasi dengan baik.

 

Selain itu, PT. Asuransi Jasindo melalui rumah sakit provider-nya diharapkan dapat memastikan bahwa program jaminan pemeliharaan kesehatan dilaksanakan secara optimal dan sesuai peraturan yang berlaku.

 

Politisi PPP ini menegaskan, RS yang ditunjuk Jasindo oleh penyelenggara Jamkestama ini yang memang sudah diatur oleh Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2014 tentang jaminan pemeliharaan kesehatan Pimpinan dan Aggota DPR, DPD, BPK, KY, Hakim, MK, Menteri, Wakil Menteri, dan Pejabat tertentu.

 

Jaminan pemeliharaan kesehatan dilaksanakan oleh Jasindo yang ditunjuk oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomer 167 PMK 02 2014, dan Permenkes Nomor 5 tahun 2014. “Jadi memang Jasindo ini yang ditunjuk pemerintah secara resmi untuk melayani kami,” jelas Nurhayati.

 

Ditambahkan, kunjungannya kali ini karena banyaknya komplain dari Anggota maupun dari keluarga Anggota DPR RI bahwa pada saat ke RS fasilitas maupun cara penerimaannya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Terutama keluarganya, masih banyak yang mengalami kesulitan apabila datang ke RS yang walaupun sudah di tunjuk Jasindo sebagai provider.

 

“Kami ingin melihat dan menanyakan langsung bagaimana prosesnya pelayanan kepada anggota DPR maupun keluarganya,  dari awal sampai selesai pengobatan,” tegas politisi dapil Jabar XI itu.

 

Anggota BURT DPR RI Refrizal (F-PKS) menyatakan, kunjungan ke RS Charitas ini untuk memastikan pelayanan kepada anggota DPR dan keluarganya. Pihaknya menerima laporan RS ini tidak melayani Jasindo bahkan hanya dijawab, hanya melayani kesehatan untuk orang miskin atau BPJS Kesehatan.

 

Kejadian yang sama dialaminya, petugas RS tidak mengenal kartu Jamkestama yang  kenal hanya kartu BPJS, namun kemudian Direktur RS minta maaf untuk kejadian ini. “Jadi betul terjadi, karena ada kesalahpahaman manajemen RS dengan Jasindo,” ujarnya

 

Anggota BURT DPR RI Irma Suryani Chaniago (F-NasDem) mengatakan, RS Charitas merupakan RS terbaik di Sumatera Selatan dan kelengkapannya sudah cukup bagus bahkan bisa dibilang tidak kalah dengan RS di Jakarta. Anggota dewan yang berkunjung ke sini dari dapil Sumsel pun merasa nyaman berobat di RS tersebut.

 

 “RS Charitas sudah cukup besar seperti di Jakarta. Fasilitas cukup bagus bahkan ada fasilitas  yang di Jakarta yang tidak ada, contohnya meditasi  kemudian IICP. RS di Jakarta tidak punya IICP,” sebut Irma.

 

Sementara itu, Anggota BURT DPR RI Andi Fauziah Pujiwatie (F-PG) menjelaskan, sebagai mitra DPR asuransi Jasindo memfasilitasi untuk meng-cover kesehatan Anggota Dewan sudah berjalan bagus, terjalin komunikasi yang baik antara Jasindo dengan RS. Walaupun ada anggota yang kehilangan kartu, itu tidak masalah karena sistemnya sudah online.

 

“Sudah ada dokumen Anggota DPR RI dan keluarganya, sehingga bisa dilayani oleh seluruh RS provider Jasindo,” katanya menambahkan. (hr/mp).


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kemandirian adalah Esensi Pembelajaran Jarak Jauh
29-07-2020 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso memaparkan, metode pembelajaran dalam jaringan (daring) memiliki tantangan tersendiri,...
Sambut ‘New Normal’, BURT DPR Cek Kesiapan Bandara Halim
14-07-2020 / B.U.R.T.
Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI mengecek langsung kesiapan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dalam menyambut masa new normal,...
Protokol Bandara Harus Mampu Sesuaikan ‘New Normal’
06-07-2020 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso mengatakan seluruh masyarakat Indonesia mau tidak mau sudah harus...
BURT Tinjau Kesiapan Protokol Normal Baru di Bandara Soetta
06-07-2020 / B.U.R.T.
Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI meninjau layanan keprotokolan bagi Anggota Dewan dalam menghadapi tatanan normal baru di Terminal...