Komisi I DPR Terima Sesparlu Angkatan 60

26-10-2018 / KOMISI I

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari. Dok/Man

 

Para alumni Sekolah Staf dan Pimpinan Kementerian Luar Negeri (Sesparlu) diterima Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari untuk mendapat masukan soal isi-isu politik luar negeri dan dalam negeri. Mereka yang tergabung dalam alumni Angkatan 60 merupakan para calon diplomat yang akan ditempatkan di beberapa Kedutaan Besar RI negara sahabat.

 

Setidaknya ada 19 orang yang berkunjung ke ruang rapat Komisi I DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (26/10/2018). Selain banyak bertanya tentang parlemen, para peserta Sesparlu juga menanyakan sikap Indonesia atas berbagai isu internasional yang sedang berkembang.

 

“Mereka adalah peserta Sesparlu. Kita jelaskan fungsi DPR terutama Komisi I, apa dan siapa saja mitra kerjanya. Mereka memperdalam bagaimana diplomasi parlemen yang dilakukan parlemen Indonesia khususnya Komisi I,” jelas Kharis, usai pertemuan.

 

Legislator PKS itu berharap, para peserta Sesparlu ini menjadi diplomat handal yang mamapu membawa nama baik Indonesia di panggung internasional. Pengayaan materi dan penguasaan atas isu-isu internasional menajdi keniscayaan bagi para calon diplomat. Sesparlu ini juga akan menempatkan para peserta di jabatan-jabatan strategis Kemenlu.

 

“Kita berharap calon pimpinan di Kementerian Luar Negeri ini dilatih agar mampu menjadi pimpinan di luar negeri atau jadi perwakilan Indonesia yang baik. Mudah-mudahan mereka bisa betul-betul belajar tentang politik dan bagaimana kerja parlemen,” tutup legislator dapil Jawa Tengah itu. (mh/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Percepat Transformasi Digital Nasional, Komisi I Setujui Anggaran Kominfo Rp 16,9 Triliun
23-09-2020 / KOMISI I
Komisi I DPR RI mendukung percepatan transformasi digital nasional dengan menyetujui pagu alokasi anggaran RAPBN TA 2021 Kementerian Komunikasi dan...
Komisi I Setujui Pagu Definitif 2021 Mitra Kerja
21-09-2020 / KOMISI I
Rapat Komisi I DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto menyetujui pagu alokasi anggaran RAPBN...
Sukamta: Perkuat Perlindungan Terhadap Sipil, TNI dan Polri di Papua
18-09-2020 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyoroti kasus penyerangan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Ia...
Komisi I Dorong Percepatan Pemerataan Infrastruktur Internet
17-09-2020 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI Rizki Aulia Natakusumah mendorong Pemerintah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi secara merata,...