Ketua DPR Laporkan Kinerja Pengawasan

31-10-2018 / PARIPURNA

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo,saat membacakan pidato di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta (31/10/2018). Foto : Jaka/Man

 

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo melaporkan kinerja DPR RI pada Rapat Paripurna DPR RI Penutupan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2018-2019. Dalam pelaksanaan fungsi pengawasan, DPR RI telah menerima Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester I tahun 2018 beserta Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

 

“Hasil pemeriksaan BPK tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan APBN yang dilaksanakan oleh pemerintah. Selanjutnya, DPR melalui Komisi-Komisi dan BAKN dapat menindaklanjutinya sesuai dengan mekanisme yang ada,” ujar Bamsoet, sapaan akrabnya, saat membacakan pidato di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta (31/10/2018).

 

Kemudian, legislator Partai Golkar itu juga menyampaikan bahwa DPR RI mendesak pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan RI untuk segera mencairkan dana cadangan untuk menyelesaikan defisit BPJS Kesehatan.

 

“Untuk menyelesaikan defisit BPJS Kesehatan yang bersumber dari dana cadangan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebesar Rp 4,99 triliun, DPR mendesak Kementerian Keuangan untuk segera mencairkan dana cadangan tersebut,” tutur Bamsoet.

 

Selain itu, DPR RI telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap M. Syahyan sebagai calon pengganti anggota Komisi Informasi Pusat (KIP) periode 2017-2021 yang menggantikan (Alm) Tulus Subardjono yang meninggal dunia pada tanggal 31 Mei 2018.

 

Pada masa persidangan ini, jelas legislator dapil Jawa Tengah VII ini, DPR RI telah memberikan pertimbangan atau persetujuan terhadap enam Calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Negara Sahabat serta terhadap 22 Calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk  Negara Sahabat. (eps/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Legislator Desak Pemerintah Lanjutkan Pembangunan Tol Sumbar
13-02-2019 / PARIPURNA
Anggota Komisi XI DPR RI Refrizal mendesak pemerintah untuk melanjutkan pembangunan proyek jalan tol di Tol Padang Pariaman, Bukittinggi, dan...
Pertambangan di Madura Tak Berdampak pada Masyarakat
13-02-2019 / PARIPURNA
Anggota Komisi VIII DPR RI Dja’far Shodiq mengkritisi banyaknya aktivitas pertambangan di Pulau Madura yang berlangsung bertahun-tahun, namun tidak bisa...
Legislator Minta Kepolisian Ungkap Pelaku Teror Kendaraan Bermotor
13-02-2019 / PARIPURNA
Anggota Komisi XI DPR RI Nurhayati Ali Assegaf meminta agar peristiwa teror kendaraan bermotor mendapat perhatian khusus, karena sudah menjadi...
Legislator Kritisi Mahalnya Harga Listrik
13-02-2019 / PARIPURNA
Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono prihatin dengan permasalahan listrik di Indonesia yang dinilainya sangat tinggi harganya dan...