Hak Warga Binaan Belum Terealisasi

05-11-2018 / KOMISI III

Anggota Komisi III DPR RI Muhammad Nasir Djamil saat mengikuti Kunjungan Kerja Reses ke Provinsi Sumatera Utara,Medan.Foto : Chasbi/rni 

 

Anggota Komisi III DPR RI Muhammad Nasir Djamil mencermati, hak-hak warga binaan atau narapidana (napi) belum sepenuhnya terealisasi dengan baik, terutama hak-hak terkait dengan pembebasan bersyarat yang mana merupakan sesuatu yang bersifat urgent bagi warga binaan, untuk segera bertemu dengan sanak keluarganya.

 

“Karena sejujurnya mereka ingin keluar bertemu dengan sanak famili dan berbaur dengan masyarakat, tapi justru hak ini belum terealisasi,” kata Nasir saat mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (02/11/2018).

 

Nasir melanjutkan, meskipun sudah diberlakukan dengan model elektrik pada setiap sistem di lapas guna memenuhi hak-hak mereka, tapi sayangnya hak-hak warga binaan ini belum dipenuhi oleh Kementerian Hukum dan HAM. Ini yang menjadi sorotan penting Komisi III DPR RI dalam kunjungan ke Sumut ini.

 

“Dan yang sangat kami sayangkan adalah tidak ada penjelasan terhadap warga binaan. Sementara ini mereka menunggu tanpa ada suatu kejelasan terkait pembebasan bersyarat tersebut yang tidak pernah turun-turun,” tambah Nasir.

 

Legislator PKS ini menekankan kepada Kemenkumham, jangan sampai slogan “Kami PASTI” atau “Kami Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif” menjadi ketidakpastian bagi warga binaan. Sehingga warga binaan bisa segera mendapatkan kejelasan terkait informasi tersebut.  

 

“Nantinya dalam rapat kerja dengan Menteri Hukum dan HAM kami akan menanyakan dimana sebenarnya kendala tersebut berada, kerena ini menyangkut hak asasi manusia,” tandas legislator daerah pemilihan (dapil) Aceh ini. (cas/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Pemerintah Harus Perhatikan Kebutuhan Pengadilan Tinggi di Daerah
16-10-2020 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah menyoroti sarana dan prasarana yang dinilai kurang layak di Pengadilan Tinggi Jawa...
Komisi III Bersama Kapolda Jatim Berikan Bantuan Sembako dan Masker
16-10-2020 / KOMISI III
Tim Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI ke Provinsi Jawa Timur yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI...
Jadikan Program Tangguh Polda Jatim sebagai Role Model Penanganan Covid-19
15-10-2020 / KOMISI III
Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, dalam mengatasi dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Surabaya membuat beberapa program diantaranya program Kampung Tangguh,...
Komisi III DPR Apresiasi Kinerja Kejati Jatim
15-10-2020 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir mengapresiasi kinerja Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan kontribusi...