Fadli Zon: BIN Bukan Lembaga Survei

22-11-2018 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta Badan Intelijen Negara (BIN) menempatkan diri sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, yaitu melaksanakan tugas pemerintah di bidang intelijen bukan seperti lembaga survei.

 

“Perlu kita kritisi, BIN ini kan bukan lembaga survei, bukan juga Departemen Penerangan. Informasi-informasi semacam itu, apalagi data dari tahun lalu, mestinya jangan diumbar ke publik,” ungkap Fadli kepada media di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

 

Hal ini terkait pernyataan Staf Khusus Kepala BIN Arief Tugiman yang menyatakan sebanyak 41 dari 100 masjid di beberapa kementerian, lembaga, hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terindikasi terpapar radikalisme.

 

Fadli menyarankan agar data-data yang masih mentah seperti ini seharusnya diarahkan kepada institusi-insitusi lain, kementerian atau kepada presiden. Kriteria-kriteria tersebut juga bisa saja menimbulkan kegaduhan serta bisa menyebabkan saling curiga di tengah masyarakat.

 

“Ya biasanya intelejen itu bertindak senyap gitu ya, underground gitulah. Bukan mengumbar pernyataan seperti lembaga survei,” pungkas legislator Partai Gerindra itu. (es/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Puan Maharani Tunjukkan Capaian Perempuan Indonesia di APPF
17-01-2020 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Puan Maharani menunjukkan capaian sekaligus prestasi perempuan Indonesia di pertemuan tahunan Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) ke-28...
EBT Penting Atasi Keterbatasan Energi
17-01-2020 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menegaskan pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sangat penting untuk untuk mengatasi keterbatasan energi...
Azis Syamsuddin Imbau Ombudsman Awasi Kualitas Layanan Publik
13-01-2020 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin mengimbau Ombudsman RI untuk segera menindaklanjuti pengaduan masyarakat...
Para Member MeMiles Mengadu ke DPR
13-01-2020 / PIMPINAN
Para member PT. Kam and Kam mengadu ke DPR RI soal perkembangan kasusnya di Polda Jawa Timur. Para member ini...