Komisi I dan Kedutaan Azerbaijan Gelar Diskusi Publik

10-12-2018 / KOMISI I

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari (dua dari kanan) saat Komisi I DPR RI bekerja sama dengan Kedutaan Azerbaijan mengadakan diskusi publik bersama puluhan mahasiswa di Gedung DPR RI,  Senayan,  Senin (10/12/2018). Foto : Andri/Man

 

Dalam rangka memberikan penguatan diplomasi parlemen terhadap pelaksanaan politik luar negeri Republik Indonesia, Komisi I DPR RI bekerja sama dengan Kedutaan Azerbaijan mengadakan diskusi publik bersama puluhan mahasiswa di Gedung DPR RI,  Senayan,  Senin (10/12/2018).

 

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengatakan forum diskusi ini sekaligus untuk memperingati seabad  kemerdekaan negara pecahan Uni Soviet tersebut. Menurutnya, banyak hal yang bisa dicontoh dari perjuangan Azerbaijan meraih kemerdekaan.

 

"Perjuangan dan kegigihan Azerbaijan untuk mendapatkan pengakuan dari negara lain bisa menjadi contoh bagi Indonesia dalam kerjasama diplomatik," ungkap Kharis.

 

Sisi lain, Indonesia sebagai gerbang pertama hubungan diplomasi Azerbaijan untuk Asia Tenggara menjadi isu pokok dalam peringatan 100 Tahun Kemerdekaan Negara Republik Azerbaijan. 

 

Menurutnya, meski dipisahkan jarak yang jauh, namun kedua negara memiliki hubungan yang harmonis. Seperti diketahui, Indonesia termasuk negara yang pertama mengakui kedaulatan Azerbaijan pada tahun 1991. Setahun kemudian,  yakni 24 September 1992 Indonesia secara resmi membuka hubungan diplomatik melalui penandatanganan Komunike bersama di Moskow. 

 

Sementara itu, terkait tujuan diadakannya diskusi ini, Kharis menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini DPR memfasilitasi puluhan mahasiswa untuk bertukar pikiran dan menambah wawasan tentang politik luar negeri Indonesia. Mereka hadir dari Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Hidayatullah dan Universitas Presiden.

 

"Diskusi politik semacam ini tentunya akan menambah pengetahuan politik dan menjadi ruang diskusi para mahasiswa untuk menambah pengetahuan," sambungnya.

 

Turut hadir sebagai narasumber dalam diskusi ini, diantaranya Kepala Pusat Riset Studi Timur Tengah dan Islam Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia Nur Munir dan Dekan Fakultas Humaniora Universitas Presiden Endi Haryono. (ann/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Percepat Transformasi Digital Nasional, Komisi I Setujui Anggaran Kominfo Rp 16,9 Triliun
23-09-2020 / KOMISI I
Komisi I DPR RI mendukung percepatan transformasi digital nasional dengan menyetujui pagu alokasi anggaran RAPBN TA 2021 Kementerian Komunikasi dan...
Komisi I Setujui Pagu Definitif 2021 Mitra Kerja
21-09-2020 / KOMISI I
Rapat Komisi I DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto menyetujui pagu alokasi anggaran RAPBN...
Sukamta: Perkuat Perlindungan Terhadap Sipil, TNI dan Polri di Papua
18-09-2020 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyoroti kasus penyerangan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Ia...
Komisi I Dorong Percepatan Pemerataan Infrastruktur Internet
17-09-2020 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI Rizki Aulia Natakusumah mendorong Pemerintah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi secara merata,...