BURT Dorong Peningkatan Pelayanan Jamkestama

23-01-2019 / B.U.R.T.

Wakil Ketua BURT Nurhayati Monoarfa. Foto: Anne/jk

 

 

Padatnya kegiatan kedewanan dalam menjalankan tugas konstitusionalnya berimplikasi pada perlunya Anggota Dewan mendapatkan jaminan pemeliharaan kesehatan yang prima dan memadai. Karena itu, Badan Urusan Rumah Tangga (BURT)  DPR RI mendorong pelaksanaan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (Jamkestama) bagi pejabat negara terus ditingkatkan. 

 

Demikian ditekankan Wakil Ketua BURT Nurhayati Monoarfa saat memimpin Kunjungan Kerja BURT DPR RI meninjau pelayanan dan fasilitas Rumah Sakit (RS) Awal Bros sebagai RS provider dari PT. Asuransi Jasindo sebagai operator Jamkestama, di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (22/1/2019). 

 

“Dalam pelaksanaannya, banyak saran dan masukan dari Anggota DPR RI terkait permasalahan dan hambatan yang muncul terkait dengan pelayanan yang diberikan Rumah Sakit provider PT. Jasindo  baik di Jakarta maupun di daerah-daerah," ucap Nurhayati. 

 

Ia menuturkan, salah satu yang sering terjadi Anggota DPR RI mendapat pelayanan yang kurang memadai, disinyalir karena program Jamkestama belum tersosialisasikan dengan baik kepada RS provider. Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah proses administrasi di RS provider.

 

“Faktor penyebab lainnya adalah masih terdapat beberapa RS provider yang belum memiliki sarana yang memadai untuk melaksanakan pelayanan berstandar VVIP," imbuh legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

 

Senada, Anggota BURT DPR RI Bakri menilai fasilitas RS Awal Bros sudah memenuhi syarat untuk melayani pasien peserta Jamkestama. Hanya saja perlu meningkatkan pelayanan, sehingga pasien dapat mendapatkan pelayanan standar sesuai peraturan dan ketentuan yang ada. 

 

Ia berharap, dengan fungsi pengawasan yang dilakukan BURT, RS provider dapat terus meningkatkan Jamkestama secara optimal dan sebagaimana yang tertuang dalam Perpres Nomor 68 Tahun 2014.  Sementara, Permenkes Nomor 55 Tahun 2017  menginstruksikan PT Jasindo sebagai operator program Jamkestama.

 

Legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mengingatkan agar pelayanan Jamkestama bagi pejabat negara tidak menganggu pelayanan kepada pasien umum di RS provider. (ann/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kemandirian adalah Esensi Pembelajaran Jarak Jauh
29-07-2020 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso memaparkan, metode pembelajaran dalam jaringan (daring) memiliki tantangan tersendiri,...
Sambut ‘New Normal’, BURT DPR Cek Kesiapan Bandara Halim
14-07-2020 / B.U.R.T.
Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI mengecek langsung kesiapan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dalam menyambut masa new normal,...
Protokol Bandara Harus Mampu Sesuaikan ‘New Normal’
06-07-2020 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso mengatakan seluruh masyarakat Indonesia mau tidak mau sudah harus...
BURT Tinjau Kesiapan Protokol Normal Baru di Bandara Soetta
06-07-2020 / B.U.R.T.
Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI meninjau layanan keprotokolan bagi Anggota Dewan dalam menghadapi tatanan normal baru di Terminal...