Peran BPPTKG Perlu Diperkuat

06-02-2019 / KOMISI VII

Wakil Ketua Komisi VII Ridwan Hisjam Foto : Hendra/mr

 

Komisi VII DPR RI mendorong penguatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dalam mengantisipasi kewaspadaan bencana terutama yang diakibatkan oleh gunung api. Penguatan itu diantaranya penambahan anggaran dan penguatan peralatan.

 

Saat kunjungan kerja spesifik ke Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ridwan Hisjam, Komisi VII DPR RI mengapresiasi kinerja BPPTKG dalam mengantisipasi peringatan bencana gunung api. Namun peran besar BPPTKG ini kurang terlihat dalam pemberitaan di media. "Kita apresiasi kinerja BPPTKG, kita juga mendorong BPPTKG untuk dilakukan penguatan baik dari segi anggaran dan juga peralatan," ujar Ridwan, Rabu, (06/2/2019).

 

Diketahui, BPPTKG ini hanya ada satu di Indonesia yang berada di Yogyakarta dan ini konsen untuk memantau pergerakan situasi gunung Merapi. Seharusnya lembaga ini berada di masing-masing provinsi untuk memantau perkembangan gunung api. Hingga ke depan ini perlu diperkuat. "Saya menyoroti kurangnya keberadaan BPPTKG di masing-masing provinsi ini tidak sebanding dengan jumlah gunung api yang ada di Indonesia. Ke depan kita dorong ini untuk diperkuat," imbuh Ridwan.

 

Hal lain yang menjadi sorotan adalah kekuatan rekomendasi yang diberikan BPPTKG masih belum dijalankan dengan baik. Pada tahun 2009 misalnya, BPPTKG telah memberikan rekomendasi bahaya di daerah Palu dan pesisir selatan Sunda akan potensi bencana tsunami sehingga diimbau untuk tidak membangun hotel dan bangunan tinggi lainnya.

 

Tapi rekomendasi ini tidak tidak dijalankan oleh pemerintah daerah setempat. Dan akhirnya bencana terjadi. "Ke depan saya kira rekomendasi dari BPPTKG itu perlu diperkuat dan dijalankan secara hukum oleh pemerintah daerah karena ini menyangkut kehidupan masyarakat banyak," ungkap Ridwan.

 

Turut serta dalam kunjungan kerja spesifik Komisi VII DPR RI ini sejumlah Anggota Komisi VII DPR RI diantaranya Abdul Kadir Karding, Gandung Pardiman, Agus Sulistiyono, dan Kurtubi. (hs/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Aturan Pembatasan Penggunaan Energi Tidak Ramah Lingkungan Harus Dipatuhi
06-11-2019 / KOMISI VII
Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto mengatakan bangsa Indonesia memang tengah membutuhkan energi untuk mengatasi defisit energ dalam beberapa...
PLTSa Jadi Langkah Konkret Penggunaan Energi Bersih dan Kemandirian Energi
04-11-2019 / KOMISI VII
Krisis energi telah menjadi isu global yang terus dicari solusinya oleh berbagai negara, termasuk Indonesia. Salah satu upaya yang sedang...
DPR Dorong Peningkatan Gairah Usaha di Sektor Migas
04-11-2019 / KOMISI VII
Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menilai saat ini Indonesia tengah mengalami defisit minyak bumi. Oleh karenanya DPR RI...
Sugeng Suparwoto Ditetapkan Sebagai Ketua Komisi VII
30-10-2019 / KOMISI VII
Wakil Ketua DPR RI Kordinator bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmat Gobel secara resmi menetapkan Sugeng Suparwoto dari Fraksi Nasional...