Peran BPPTKG Perlu Diperkuat

06-02-2019 / KOMISI VII

Wakil Ketua Komisi VII Ridwan Hisjam Foto : Hendra/mr

 

Komisi VII DPR RI mendorong penguatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dalam mengantisipasi kewaspadaan bencana terutama yang diakibatkan oleh gunung api. Penguatan itu diantaranya penambahan anggaran dan penguatan peralatan.

 

Saat kunjungan kerja spesifik ke Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ridwan Hisjam, Komisi VII DPR RI mengapresiasi kinerja BPPTKG dalam mengantisipasi peringatan bencana gunung api. Namun peran besar BPPTKG ini kurang terlihat dalam pemberitaan di media. "Kita apresiasi kinerja BPPTKG, kita juga mendorong BPPTKG untuk dilakukan penguatan baik dari segi anggaran dan juga peralatan," ujar Ridwan, Rabu, (06/2/2019).

 

Diketahui, BPPTKG ini hanya ada satu di Indonesia yang berada di Yogyakarta dan ini konsen untuk memantau pergerakan situasi gunung Merapi. Seharusnya lembaga ini berada di masing-masing provinsi untuk memantau perkembangan gunung api. Hingga ke depan ini perlu diperkuat. "Saya menyoroti kurangnya keberadaan BPPTKG di masing-masing provinsi ini tidak sebanding dengan jumlah gunung api yang ada di Indonesia. Ke depan kita dorong ini untuk diperkuat," imbuh Ridwan.

 

Hal lain yang menjadi sorotan adalah kekuatan rekomendasi yang diberikan BPPTKG masih belum dijalankan dengan baik. Pada tahun 2009 misalnya, BPPTKG telah memberikan rekomendasi bahaya di daerah Palu dan pesisir selatan Sunda akan potensi bencana tsunami sehingga diimbau untuk tidak membangun hotel dan bangunan tinggi lainnya.

 

Tapi rekomendasi ini tidak tidak dijalankan oleh pemerintah daerah setempat. Dan akhirnya bencana terjadi. "Ke depan saya kira rekomendasi dari BPPTKG itu perlu diperkuat dan dijalankan secara hukum oleh pemerintah daerah karena ini menyangkut kehidupan masyarakat banyak," ungkap Ridwan.

 

Turut serta dalam kunjungan kerja spesifik Komisi VII DPR RI ini sejumlah Anggota Komisi VII DPR RI diantaranya Abdul Kadir Karding, Gandung Pardiman, Agus Sulistiyono, dan Kurtubi. (hs/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Sektor Hilirisasi Tambang Didorong Masuk Revisi UU Minerba
19-07-2019 / KOMISI VII
Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi mendorong Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Perindustrian untuk segera menyelesaikan...
Komisi VII Apresiasi Raihan Opini WTP Kementerian ESDM
18-07-2019 / KOMISI VII
Komisi VII DPR RI mengapresiasi Laporan Keuangan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tahun Anggaran 2018 yang telah meraih...
Panja Limbah dan Lingkungan Komisi VII Sidak PT. Indofood di Ancol
18-07-2019 / KOMISI VII
Ketua Panitia Kerja (Panja) Limbah dan Lingkungan Komisi VII DPR RI Muhammad Nasir didampingi Direktorat Jenderal (Dirjen) Penegak Hukum (Gakkum)...
PT. Semen Padang Harus Patuhi UU No.32 Tahun 2009
17-07-2019 / KOMISI VII
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Muhammad Nasir menyatakan bahwa PT. Semen Padang harus mematuhi Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun...