DPR Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Indonesia - Jerman

12-02-2019 / PIMPINAN

Pimpinan DPR RI Terima Dubes Jerman untuk Indonesia Foto : Jaka/mr

 

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto memastikan, DPR RI berupaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral, khususnya sektor pertumbuhan ekonomi dan kerja sama di bidang teknologi dengan Parlemen Jerman. Apalagi, dalam waktu dekat, Parlemen Jerman pun akan melakukan kunjungan ke DPR guna meningkatkan kerja sama tersebut.

 

Hal itu dipertegas Agus usai mendampingi Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menerima Dubes Jerman untuk Indonesia Peter Schoof, guna membahas rencana kunjungan Parlemen Jerman ke DPR RI, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

 

“Hal yang dibahas yakni kunjungan parlemen Jerman ke Indonesia yang akan dilakukan sebentar lagi. Selain itu Dubes juga menyampaikan hal penting. Dubes mengatakan (kedua negara) harus memperkuat masalah ekonomi, dalam hal ini neraca perdagangan harus diperkuat,” ungkap Agus.

 

Politisi Partai Demokrat ini juga mengungkapkan sejumlah topik yang dibahas dalam pertemuam ini, diantaranya yakni peningkatan kerja sama di bidang energi baru dan terbarukan (renewable energy) yang kini sudah terjalin baik. Seperi contoh teknologi yang diterapkan di Sulawesi Utara yang berasal dari Jerman.

 

“Kita berdiskusi tentang renewable energy dan Dubes sangat konsen soal itu. Dan dia juga selalu ingin tetap bekerja sama dengan Indonesia di bidang energi. Teknologi yang pertama kali diterapkan di Sulawesi Utara itu teknologi dari Jerman yang menggunakan efisiensi dari air panas untuk menghidupkan turbin,” jelas legislator dapil Jawa Tengah itu.

 

Sehingga antara Indonesia dengan Jerman sama-sama punya niat untuk meningkatkan kerja sama, sehingga ini adalah hal positif.  “Selain untuk memperlancar kunjungan parlemen Jerman ke Indonesia, kunjungan ini juga untuk menguatkan kerja sama di bidang ekonomi, pertahanan, keteknikan dan tentunya tidak kalah penting adalah mahasiswa Indonesia yang belajar di Jerman, dan itu mendapatkan perhatian dari Dubes,” tutur Agus.

 

Harapannya, momentum pertemuan Parlemen Jerman dengan Indonesia adalah hal yang baik dalam rangka memperkuat kerja sama antar kedua negara di tengah kompetisi global yang semakin ketat. Turut serta dalam pertemuan ini Wakil Ketua Komisi I DPR RI Asril Hamzah Tanjung dan Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar.  (hs/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR RI Kembali Gelar Lomba Kritik DPR ‘Stand-Up Comedy’
23-08-2019 / PIMPINAN
Setelah sukses mengadakan lomba stand-up comedy 'Kritik DPR' pada tahun lalu, tahun ini DPR RI kembali menggelar lomba stand-up comedy...
LPSK Tak Boleh Bubar Karena Minim Anggaran
22-08-2019 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) tidak boleh bubar dan menghentikan layanan kepada masyarakat...
Legislator Dorong Kerja Sama Bidang Sains Indonesia - Suriname
21-08-2019 / PIMPINAN
Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah menilai, selain potensi kerja sama budaya dan pendidikan, kerja sama di bidang sains antara...
Pemerintah Suriname Minati Olahraga Pencak Silat
21-08-2019 / PIMPINAN
Pemerintah Suriname meminta agar olahraga beladiri pencak silat dikembangkan di negara mereka. Selain untuk prestasi, pencak silat juga diminta untuk...