DELEGASI PARLEMEN HUNGARIA INGIN LEBIH MENGENAL YOGYA

04-02-2011 / LAIN-LAIN

               Delegasi Parlemen Hungaria ingin mengenal  lebih jauh Daerah Istimewa Yogyakarta. Parlemen Hungaria sangat mengagumi julukan kota Yogya sebagai kota pendidikan,kota kebangsaan.  Demikian disampaikan Ketua Delegasi Parlemen Hungaria Laszlo Kover saat pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (4/2).

                Acara kunjungan ke Yogya ini merupakan serangkaian kunjungan Delegasi Parlemen Hungaria  ke Indonesia dari tanggal 3 hingga 8 Februari 2011. Di kota Yogyakarta ini, Delegasi  Parlemen Hungaria juga akan menyerahkan bantuan kebutuhan pokok dan peralatan sekolah kepada korban Merapi.

                Laszlo mengatakan, memang tepat Yogya dijuluki sebagai kota pendidikan karena banyaknya universitas, akademi dan sekolah-sekolah, training lainnya. Selain itu dia mengagumi banyaknya suku, agama dan bahasa yang berkumpul menjadi satu di kota pelajar ini.

                Sultan Hamengku Buwono X dalam pertemuan itu menyampaikan, di kota ini ada lebih kurang 100 perguruan tinggi baik universitas, akademi maupun lembaga pendidikan tingkat Diploma. “Mahasiswa yang menempuh pendidikan di Yogya lebih kurang 300 ribu orang,” tuturnya. Dan mahasiswa yang menempuh pendidikan disini dari seluruh propinsi Indonesia. Selain, katanya, ratusan mahasiswa asing.

                Karena sebagai kota pendidikan, masyarakat Yogyakarta cukup terdidik, dinamis dan kritis. Sehingga pengamat politik sering menyebut Yogya sebagai barometer politik nasional.

                Sultan menyambut baik ajakan kerjasama Parlemen Hungaria dengan Indonesia. Kalau bisa mencarikan partner dari sejarah culture sehingga terbangun aktivitas-aktivitas ekonomi, pendidikan, budaya, sistem informasi.

                Bila dimungkinkan, ada kerjasama dengan universitas-universitas, institut-institut  tidak hanya negeri tapi juga universitas atau institut  swasta, termasuk lembaga-lembaga training, seperti industri sepatu, IT (information technology) dan lembaga lainnya. (tt)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
'Stand Up Comedy’ Sarana Tepat Tunjukkan Keterbukaan DPR
23-09-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi DPR RI Muhammad Farhan mengapresiasi penyelenggaraan Workshop Penulisan NaskahStand Up Comedy oleh Perpustakaan Sekretariat Jenderal DPR RI. Farhan...
PIA DPR Gelar Baksos Lawan Covid-19 di Kompleks Parlemen
15-09-2020 / LAIN-LAIN
Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI kembali menggelar bakti sosial (baksos) dalam rangka memperingati HUT ke-75 DPR RI yang jatuh...
Hakim Konstitusi Harus Negarawan
08-09-2020 / LAIN-LAIN
Jabatan hakim konstitusi merupakan salah satu jabatan yang persyaratannya diatur dalam UUD Negara Republik Indonesia 1945. Salah satu syarat yang...
DPR Hadiri Sidang Gugatan UU Perasuransian di MK
08-09-2020 / LAIN-LAIN
Tim Kuasa DPR RI diwakili Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun memberikan keterangan dalam Sidang Pleno Perkara Nomor 531.32/PAN.MK/8/2020...