Komisi VII Uji Calon Anggota DEN 2019-2024

01-07-2019 / KOMISI VII

Komisi VII DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test) calon anggota Dewan Energi Nasional (DEN) dari Pemangku Kepentingan Periode 2019-2024. Beberapa waktu sebelumnya Komisi bidang energi tersebut telah menerima daftar 16 nama calon anggota DEN periode 2019-2024 yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo. Keenam belas nama tersebut berasal dari berbagai kelompok profesi, seperti akademisi, pelaku industri, konsumen, pakar teknologi dan ahli lingkungan hidup.

 

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ridwan Hisjam mengatakan, fit and proper test dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan kapabilitas dari para calon anggota DEN. “Nama-nama calon anggota DEN yang diajukan kepada DPR untuk periode lima tahun kedepan, sebagian merupakan figur yang sudah dikenal publik, dan ada beberapa yang merupakan figur baru,” jelas Ridwan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2019).

 

Politisi fraksi Partai Golkar ini menegaskan, Dewan Energi Nasional memerlukan figur yang tak hanya kompeten dan punya kapabilitas di sektor hilir migas, melainkan juga memahami studi di bidang energi dan kondisi industri serta konsumen.

 

Dewan Energi Nasional (DEN) sendiri merupakan dewan yang dibentuk dengan tujuan untuk mengurus segala kebijakan di bidang energi yang bersifat lintas sektoral. Dewan Energi Nasional bersifat nasional, mandiri, dan tetap, yang bertanggung jawab atas kebijakan energi nasional. Dewan Energi Nasional dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2008. Pembentukannya sesuai dengan amanat UU Nomor 30 Tahun 2007.

 

Struktur organisasi Dewan Energi Nasional terdiri atas pimpinan dan anggota. Pimpinan Dewan Energi Nasional terdiri atas Presiden selaku Ketua, Wakil Presiden sebagai Wakil Ketua, dan Ketua Harian dijabat oleh Menteri yang membidangi energi.

 

Sesuai dengan amanat UU No. 30 Tahun 2007, Dewan Energi Nasional bertugas untuk merancang dan merumuskan kebijakan energi nasional untuk ditetapkan oleh pemerintah dengan persetujuan DPR, menetapkan rencana umum energi nasional, menetapkan langkah-langkah penanggulangan kondisi krisis dan darurat energi, mengawasi pelaksanaan kebijakan di bidang energi yang bersifat lintas sektoral.

 

Adapun daftar nama 16 calon anggota DEN yang akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi VII DPR RI adalah Agus Puji Prasetyono, Armansyah Halomoan Tambunan, Imam Supriyadi dan Sudharto Prawata Hadi (akademisi). Nasri Sebayang, Hadi Siswoyo, Herman Darnel Ibrahim dan Andri Doni (pelaku industri). Eri Purnomohadi, Dicky Edwin Hindarto, Alihuddin Sitompul dan Dwi Harry Soeryadi (konsumen). Irnanda Laksanawan dan Arnold Soetrisnanto (pakar teknologi) serta Farida Zed dan Koespraptini Ria (ahli lingkungan hidup).  (dep/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Jangan ada Miskomunikasi antara Komisi VII dengan Menteri ESDM
24-09-2020 / KOMISI VII
Anggota Komisi VII DPR RI Ridwan Hisjam mengharapkan, saran dan masukan dari para Anggota Komisi VII kepada Menteri Energi dan...
Tambahan Dana Abadi Kemenristek Tak Disetujui, Komisi VII Panggil DJPB Kemenkeu
23-09-2020 / KOMISI VII
Berdasarkan mekanisme pembahasaan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Komisi VII DPR RI menyepakati bahwa anggaran Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)/...
Pemerintah Dinilai Lamban Soal Pengembangan EBT
22-09-2020 / KOMISI VII
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menilai pemerintah masih terkesan lamban dalam menjalankan mengembangkan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Padahal...
Komisi VII Apresiasi Masukan terkait RUU EBT
22-09-2020 / KOMISI VII
Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto mengapresiasi masukan-masukan yang diberikan berbagai organisasi seperti Kamar Dagang Industri (Kadin), Tropical Landscape...