BAKTI Diharapkan Fokus Kembangkan Infrastruktur Telekomunikasi

29-07-2019 / KOMISI I

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Hanafi Rais Foto : Tiara/mr

 

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Hanafi Rais mendorong Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) fokus mengembangkan infrastruktur telekomunikasi tanah air serta memperkuat ekosistem digital. Sebagaimana diketahui, tugas BAKTI adalah penyedia infrastruktur dan ekosistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi masyarakat yang didanai dari kontribusi KPU/USO penyelenggara telekomunikasi.

 

“Tidak dapat dipungkiri, sejalan dengan perkembangan TIK, maka pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas utama. Dengan dukungan infrastruktur TIK termasuk telekomunikasi, akan mendorong daya saing di berbagai sektor termasuk pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” ujar Hanafi dalam sambutannya saat memimpin Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi I DPR RI di Provinsi Bali, Jumat, (26/7/2019).

 

Legislator Fraksi PAN itu menuturkan sebagai bagian dari pelaksanaan fungsi pengawasan, Komisi I DPR RI ingin mengetahui informasi terkait pembangunan infrastruktur telekomunikasi untuk pengembangan sektor pariwisata dan UMKM. Khususnya melalui program-program yang dijalankan oleh BAKTI, seperti Palapa Ring, akses internet, Base Transceiver Station (BTS) dan lain-lain.

 

“Sehingga dari hasil pertemuan ini, nantinya akan kami gunakan sebagai bahan rujukan dan evaluasi bersama dalam rapat kerja Komisi I DPR RI dengan Pemerintah,” imbuh Hanafi dalam rapat yang dihadiri oleh dihadiri oleh BAKTI, PT. Telkom, serta jajaran Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Bali.

 

Sebelumnya, Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Masyarakat dan Pemerintah (LTIMP) BAKTI Danny Januar memaparkan BAKTI merupakan badan layanan umum dibawah Kemenkominfo yang melakukan penyediaan infrastruktur dan ekosistem TIK di seluruh wilayah Indonesia. “Sejak 2017 kami difokuskan untuk membangun daerah-daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T),” jelasnya.

 

Dari segi infrastruktur, untuk memperkecil digital divide di seluruh negeri, BAKTI telah membangun Palapa Ring di 57 kabupaten kota yang tidak terjangkau okeh jaringan internet, pembangunan BTS, dan satelit multifungsi. “Kami masih ada tugas besar yakni membangun 4000 BTS lagi sehingga di 2020 mungkin kami bisa mendeklarasikan Indonesia merdeka sinyal,” tuturnya. (tra/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
RUU Ciptaker Dapat Melemahkan Peran KPI
09-08-2020 / KOMISI I
Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menilai Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) dapat memperburuk kualitas penyiaran...
Abdul Kharis Minta Kemenlu Pastikan Keselamatan WNI Pasca Ledakan Lebanon
05-08-2020 / KOMISI I
Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menyampaikan duka mendalam atas ledakan hebat yang mengguncang ibu kota Lebanon,...
Penyelesaian RUU PDP Semakin Krusial
05-08-2020 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani melihat bahwa urgensi Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) sudah sangat krusial...
RUU PDP Harus Antisipasi Perkembangan Teknologi Informasi
04-08-2020 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha menilai pentingnya kehadiran Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) untuk mengantisipasi perubahan...