ASN Dituntut Kembangkan Potensi Diri Hadapi Era Globalisasi

20-08-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Rahaju Setya Wardani menyampaikan, Aparatur Sipil Negara (ASN) di era globalisasi memiliki hak dan kewajiban dalam mengembangkan kompentensi diri sehingga dirinya mampu menjawab tuntutan perubahan saat ini.

 

Hal itu disampaikan usai Pusat Pendidikan dan Pelatihan Setjen dan BK DPR RI menyelenggarakan sosialisasi Analisa Kebutuhan Pengembangan Kompetensi (AKPK) di Gedung Nusantara II DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, (20/8/2019).

 

"Setiap pegawai ASN memiliki hak untuk mengembangkan kompetensinya minimal 20 jam pelajaran pertahun, atau setara dengan pelatihan selama 3 hari dalam satu tahun," ungkap Yayuk, sapaan akrab Rahaju.

 

Karenanya, Pusdiklat melakukan self assessment atau pengukuran kompetensi bagi seluruh pegawai ASN Setjen dan BK DPR RI guna untuk melihat kebutuhan pengembangan kompetensi para pegawai dengan mengisi formulir AKPK.

 

"Setelah ASN mengisi form AKPK, Pusdiklat akan melihat kebutuhannya seperti apa dimasing-masing pegawai AS, setelah itu baru dilaksanakan Diklat yang bekerjasama dengan lembaga Administrasi Negara (LAN)," jelas Yayuk.

 

Singkat kata, Yayuk mengharapkan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni serta memiliki kompetensi yang tinggi dapat memaksimalkan kinerja pegawai ASN yang dapat berimbas positif terhadap organisasi. (hnm,tfn/si)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Setjen DPR Terima Konsultasi DPRD Kabupaten Nias
19-02-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Biro Kesekretariatan Pimpinan Setjen dan BK DPR RI Djaka Dwi Winarko menerima delegasi DPRD Kabupaten Nias dari Badan Musyawarah....
BK DPR Gelar Konferensi ICMSS ke-19
18-02-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Badan Keahlian (BK) DPR RI bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) menggelar Konferensi Internasional Indonesian Capital Market...
Sekjen DPR Terima Laporan Hasil Penjaminan Kualitas atas Self Assessment Maturitas SPIP
18-02-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretariat Jendral DPR RI, Indra Iskandar menerima laporan hasil penjaminan kualitas atas self assessment maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)...
Perlu Sinergi DPRD dengan Pemerintah Daerah Kembangkan Industri Pariwisata
17-02-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Bagian Sekretariat Musyawarah Pimpinan DPR RI Restu Pramojo Pangarso menilai perlu ada sinergi antara DPRD Provinsi Bengkulu dengan Pemerintah...