ASN Dituntut Kembangkan Potensi Diri Hadapi Era Globalisasi

20-08-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Rahaju Setya Wardani menyampaikan, Aparatur Sipil Negara (ASN) di era globalisasi memiliki hak dan kewajiban dalam mengembangkan kompentensi diri sehingga dirinya mampu menjawab tuntutan perubahan saat ini.

 

Hal itu disampaikan usai Pusat Pendidikan dan Pelatihan Setjen dan BK DPR RI menyelenggarakan sosialisasi Analisa Kebutuhan Pengembangan Kompetensi (AKPK) di Gedung Nusantara II DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, (20/8/2019).

 

"Setiap pegawai ASN memiliki hak untuk mengembangkan kompetensinya minimal 20 jam pelajaran pertahun, atau setara dengan pelatihan selama 3 hari dalam satu tahun," ungkap Yayuk, sapaan akrab Rahaju.

 

Karenanya, Pusdiklat melakukan self assessment atau pengukuran kompetensi bagi seluruh pegawai ASN Setjen dan BK DPR RI guna untuk melihat kebutuhan pengembangan kompetensi para pegawai dengan mengisi formulir AKPK.

 

"Setelah ASN mengisi form AKPK, Pusdiklat akan melihat kebutuhannya seperti apa dimasing-masing pegawai AS, setelah itu baru dilaksanakan Diklat yang bekerjasama dengan lembaga Administrasi Negara (LAN)," jelas Yayuk.

 

Singkat kata, Yayuk mengharapkan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni serta memiliki kompetensi yang tinggi dapat memaksimalkan kinerja pegawai ASN yang dapat berimbas positif terhadap organisasi. (hnm,tfn/si)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Penerbitan DPR Pantau Distribusi Parlementaria di Sumsel
17-09-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bagian Penerbitan, Biro Pemberitaan Parlemen, Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI yang dipimpin langsung...
Dekatkan Dengan Rakyat, DPR Gelar Lomba Burung Berkicau
15-09-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Pameran dan Lomba Burung Berkicau Piala Ketua DPR RI yang diadakan pertama kali merupakan momentum emas bagi masyarakat luas untuk...
Setjen DPR Dukung Pawai Budaya dalam PKN 2019
13-09-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mendukung penuh kegiatan Pawai Budaya dalam rangka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang akan diselenggarakan...
Sekjen DPR Resmikan Sport Center DPR
13-09-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan Sport Center DPR merupakan salah satu upaya dari kesetjenan DPR untuk memfasilitasi Anggota...