Sambut HUT Museum, DPR Buka Ruang Bagi Penggiat Museum

20-08-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon membuka acara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28 Museum DPR RI Foto : Arief/mr

 

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28 Museum DPR RI sekaligus memperingati perayaan HUT ke-74 DPR RI diselenggarakan secara meriah dengan menghadirkan berbagai acara menarik seperti talkshow serta pameran bersama yang mengundang 19 Museum yang berada dibawah naungan Asosiasi Museum Indonesia (AMI).

 

Sebelumnya, saat pembukaan kegiatan HUT Museum DPR RI, Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon menegaskan dirinya akan terus berjuang untuk mengembangkan Museum DPR RI. Pasalnya, Museum DPR RI merupakan objek vital yang merekam perjalanan Parlemen Indonesia. “Ini adalah satu hal yang penting, mengingat Museum DPR RI telah memasuki usia yang ke-28 pada 16 Agustus 2019,” ujarnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Fadli mengapresiasi positif penyelenggaraan Pameran Museum DPR RI untuk pertama kalinya yang diadakan bersama dengan perwakilan 19 Museum lain yang ada di Indonesia. "Ini merupakan langkah yang sangat baik terutama bagi Museum DPR RI untuk dapat saling menjalin komunikasi dengan berbagai museum," paparnya kepada Parlementaria.


Hari ini, Selasa (20/8/2019), Museum DPR RI menghadirkan diskusi “Talkshow Penyajian dan Edukasi Museum Digital” dan Pertemuan Mugalemon (Museum, Galeri dan Monumen) bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) Hilmar Farid dalam rangkaian acara Pameran Bersama Museum DPR RI, di selasar Gedung Nusantara DPR RI.


Pada kesempatan yang sama, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Hilmar Farid mengapresiasi penyelenggaraan Pameran Bersama Museum DPR RI. Menurut Hilmar, pameran bersama yang diselenggarakan ini dapat memberikan pesan bahwa DPR membuka ruang bagi pegiat museum untuk menghadirkan informasi mengenai seputar kinerja DPR RI.

 

“Saya melihat, penyelenggaraan pameran bersama ini sangat bagus sekali. Ini menandakan bahwa DPR membuka ruang bagi teman-teman museum untuk menghadirkan informasi mengenai apa yang DPR RI lakukan selama ini,” jelasnya

 

Sementara Kepala Bidang Arsip dan Museum Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Endang Suryastuti menjelaskan, tujuan dari diselenggarakannya Pameran Bersama Museum DPR RI adalah untuk memeriahkan HUT Museum DPR RI tanggal 16 Agustus 2019 yang ke-28 serta dalam rangka menyambut HUT DPR RI tanggal 29 Agustus 2019.

 

“Jadi, penyelenggaraan pameran bersama ini memang ditujukan untuk memeriahkan terutama dalam memeriahkan HUT Museum DPR RI tanggal 16 Agustus yang ke-28. Kemudian, juga menyambut HUT DPR RI tanggal 29 Agustus nanti. Saya juga menyampaikan terima kasih terutama kepada Sekjen DPR RI Indra Iskandar yang telah mendukung kegiatan museum dan segenap Pimpinan DPR RI yang telah memberikan apresiasi pada Pameran Bersama Museum DPR RI ini,” ujar Endang. 

 

Selain itu, Endang menuturkan, Pameran Bersama Museum DPR RI ini merupakan acara yang diselenggarakan kedua kalinya di DPR setelah tahun lalu. Namun yang menjadi spesial, tambah Endang, pameran yang diadakan pada tahun ini diselenggarakan bersama 19 museum lainnya yang ada dibawah naungan AMI.

 

“Pameran Bersama Museum DPR RI ini merupakan yang kedua kalinya pameran ini diselenggarakan setelah untuk yang pertama kalinya dilaksanakan pada tahun 2018 yang lalu. Saat penyelenggaraan yang pertama lalu, Museum DPR RI menyelenggarakan pameran secara mandiri. Barulah, pada tahun ini kami menyelenggarakan bersama dengan 19 museum lainnya,” ungkap Endang.

 

Lebih lanjut, Endang berharap Museum DPR RI mendapat dukungan dari AMI dan AMI DKI Jakarta agar bisa menggalang kerjasama dengan Asosiasi Museum Indonesia Daerah (AMIDA) seluruh Indonesia. Tujuannya, agar setiap provinsi yang ada dibawah naungan AMIDA dapat mengirimkan perwakilan museum ke dalam acara Pameran Bersama Museum DPR RI.

 

“Tahun depan, kita berharap saya bisa mendapat dukungan dari AMI dan AMI DKI untuk bisa menjalin hubungan kerjasama dengan AMIDA seluruh Indonesia yang ada di setiap provinsi untuk dapat mengirimkan satu museum dalam pameran yang diselenggarakan DPR RI,” pungkas Endang. (pun/sf/si)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Dekatkan Dengan Rakyat, DPR Gelar Lomba Burung Berkicau
15-09-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Pameran dan Lomba Burung Berkicau Piala Ketua DPR RI yang diadakan pertama kali merupakan momentum emas bagi masyarakat luas untuk...
Setjen DPR Dukung Pawai Budaya dalam PKN 2019
13-09-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mendukung penuh kegiatan Pawai Budaya dalam rangka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang akan diselenggarakan...
Sekjen DPR Resmikan Sport Center DPR
13-09-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan Sport Center DPR merupakan salah satu upaya dari kesetjenan DPR untuk memfasilitasi Anggota...
Setjen DPR Gelar Bimtek Penerapan Manajemen Resiko
13-09-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menyampaikan bahwa kedatangan Tim dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ke Komplek Parlemen...