Museum Sebagai Jendela Peradaban Bangsa

21-08-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar Foto : Arief/mr

 

Pameran Bersama Museum DPR RI dalam rangka memeriahkan HUT Museum DPR RI yang ke-28 serta menyambut HUT DPR RI ke-74 yang diselenggarakan selama tiga hari dimulai sejak tanggal 19 Agustus 2019 yang lalu secara resmi ditutup pada hari ini, Rabu (21/8/2019), oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar.

 

Dalam sambutannya, Indra menegaskan, museum adalah jendela peradaban suatu bangsa. Indra menambahkan, apabila ingin mengetahui suatu peradaban bangsa maka dapat dilihat dari museumnya. Untuk itu, Indra menambahkan, pameran museum yang diselenggarakan selama tiga hari ini dengan tema “Museum Untuk Memajukan Informasi dan Peradaban Bangsa” diharapkan mampu mendeskripsikan local genius dan local wisdom Bangsa Indonesia.

 

“Museum adalah jendela peradaban bangsa. Apabila kita ingin mengetahui suatu peradaban bangsa maka kita dapat melihat dari museumnya. Karena itu, pameran yang telah kita laksanakan selama 3 hari ini diharapkan mampu mewujudkan fungsi museum sebagai jendela peradaban bangsa yang mendeskripsikan local genius dan local wisdom bangsa,” ujar Indra.

 

Sebagai penutup, Indra berharap, ke depan dapat digagas sebuah pameran yang lebih besar dan melibatkan perwakilan museum anggota Asosiasi Museum Indonesia Daerah (AMIDA) di seluruh Indonesia. Sehingga, dapat makin mendekatkan jarak antara museum dan masyarakat. Serta, sebagai salah satu upaya mewujudkan cita-cita pimpinan dewan bahwa DPR bukan hanya sebagai pusat produksi politik tapi juga pusat untuk membangun peradaban bangsa Indonesia.

 

“Kedepannya, saya berharap adanya sebuah pameran yang lebih besar dan melibatkan perwakilan museum AMIDA di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, hal itu dapat makin mendekatkan jarak antara museum dengan masyarakat. Hal itu penting sebagai perwujudan dari salah satu cita-cita Pimpinan Dewan bahwa DPR bukan hanya pusat produksi politik tapi juga pusat membangun peradaban bangsa,” pungkas Indra.

 

Sebelumnya, penutupan acara Pameran Bersama Museum DPR RI ini dikemas dengan menampilkan berbagai pentas seni di antaranya Tarian Parlemen DPR RI, Band Parlementaria DPR RI, Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, serta Komunitas Sahabat Budaya.

 

Pameran Bersama Museum DPR RI ini kemudian ditutup dengan acara foto bersama Sekjen DPR RI Indra Iskandar, Kepala Bidang Arsip dan Museum DPR RI Endang Suryastuti, Ketua Museum AMIDA DKI Jakarta Yiyok T. Herlambang bersama para pemenang booth museum terbaik yaitu Juara III dari Museum Kehutanan, Juara II Museum Santa Maria, Juara Favorit Museum Bank Indonesia, dan tampil sebagai Juara I adalah Balai Konservasi Borobudur. (puntho/mh)

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Badan Kehormatan Dewan Harus Berani Tindaklanjuti Aduan
23-01-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Biro Persidangan II Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Cholida Indrayana mengatakan kepada DPRD Kota Ternate jika ingin...
Karosid II Setjen dan BK DPR Terima Audiensi 3 DPRD
23-01-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Biro Persidangan II Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Cholida Indrayana mengatakan, komposisi pembagian Anggota Dewan pada Panitia...
Sekretariat Bamus Jelaskan Mekanisme Penjadwalan DPR Kepada DPRD Bantul
23-01-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Bagian Sekretariat Badan Musyawarah (Bamus) Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Mc. Zaqki Zachariaz Thamrin menjelaskan mekanisme penjadwalan...
Penyusunan Rencana Kerja Tahunan DPRD Harus Sesuai dengan Kebutuhan Daerah
16-01-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Bagian Badan Musyawarah (Bamus) Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Zaqki Zachariaz Thamrin mengatakan yang terpenting...