Karakter Unggul Modal Utama Kemajuan Bangsa

27-08-2019 / BADAN LEGISLASI

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Arif Wibowo Foto : Taufan/mr

 

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Arif Wibowo mengatakan selain mengedepankan kemampuan belajar dan keterampilan, pendidikan Indonesia harus mampu membentuk karakter yang tegas dan berguna bagi bangsa serta berjiwa budi pekerti sehingga menjadi jauh lebih baik.

 

 

“Pembangunan karakter dan budi pekerti menjadi modal penting dalam kemajuan pendidikan bangsa, tidak hanya tentang kemampuan dan keterampilan saja,” kata Arif saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Baleg DPR RI dalam rangka pemantauan dan peninjauan UUD tentang Sistem Pendidikan Nasional, di Kantor Gubernur Provinsi Bali, Senin (26/8/2019).

 

Politisi Fraksi PDI Perjuangan ini menyampaikan, kualitas pengajar juga menjadi salah satu komponen penting dalam membentuk pribadi yang mumpuni dan unggul di berbagai aspek. “Kualitas pengajarnya juga mempengaruhi dalam membentuk calon penerus bangsa yang unggul,” kesan Arif.

 

Legislator dapil Jawa Timur IV ini berpendapat anggaran pendidikan di Indonesia khususnya Bali pemanfaatannya masih terbatas. Karena fasilitas belajar lebiih diutamakan ketimbang kegiatan belajar mengajar itu sendiri.

 

“Ini kan tentang teknis pengelolaan, harapannya dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 yang akan kita revisi, pengelolaan anggaran yang masih sangat terbatas, kedepannya menjadi jauh lebih baik. Serta akan fokus terhadap urusan yang penting tidak meyangkut terhadap hal-hal bersifat teknis,” imbuhnya.

 

Arif berharap, dengan dukungan teknologi yang modern, pendidikan Indonesia harus mengutamakan pembentukan karakter yang tegak dan berbudi luhur serta setia kepada Ideologi Pancasila. “Seperti kata pendahulu kita pendiri bangsa ini, pendidikan harus mengutamakan pembentukan karakter serta setia kepada Ideologi Pancasila, sehingga Indonesia akan menjadi negara yang jauh lebih baik,” tutup Arif. (tn/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Baleg DPR Apresiasi Pemerintah Beri Kewenangan Pemda
06-08-2020 / BADAN LEGISLASI
Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas mengingatkan agar dalam penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Panja Cipta Kerja jangan...
Pembahasan RUU Ciptaker Harus Substantif dan Tidak Retorika
05-08-2020 / BADAN LEGISLASI
Anggota Badan Legislasi DPR RI Arteria Dahlan mengingatkan dalam membahasa RUU Cipta Kerja (Ciptaker),pemerintah harus mengerjakannya secara cermat, penuh kehati-hatian...
Rekonstruksi Pasal di RUU Cipta Kerja yang Bertentangan dengan UUD
04-08-2020 / BADAN LEGISLASI
Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas meminta kepada Pemerintah agar merekonstruksi beberapa pasal dalam Rancangan Undang-Undang (RUU)...
Baleg Bahas DIM Bab III RUU Ciptaker
28-07-2020 / BADAN LEGISLASI
Badan Legislasi (Baleg) DPR RI terus melanjutkan pembahasan maraton Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker). Kali ini membahas daftar investarisasi...