‘Gowes Sehat DPR’ Ajak Masyarakat Hidup Sehat

31-08-2019 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di dampingi Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar beserta jajaran pejabat di lingkungan Setjen dan BK DPR RI secara langsung membuka lomba sepeda bertema ‘Gowes Sehat DPR Bersama Rakyat’. Foto: Arief/rni

 

 

DPR RI menyelenggarakan Pesta Rakyat sebagai rangkaian kegiatan HUT-nya ke-74. Pesta Rakyat diawali dengan lomba sepeda bertema ‘Gowes Sehat DPR Bersama Rakyat’ diikuti oleh 1000 peserta, dengan start di Kompleks Parlemen, berputar ke kawasan Gelora Bung Karno, dan finish di Gedung Nusantara IV DPR RI, Senayan, Jakarta. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo secara langsung membuka acara ini.

 

Dalam sambutannya, Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR RI itu mengajak masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat serta mengurangi polusi udara dengan bersepeda. Diketahui dalam lingkungan perkotaan seperti Jakarta didominasi kendaraan berbahan bakar bensin yang menyebabkan polusi udara menjadi sangat tercemar. 

 

“Diharapkan dengan adanya lomba Gowes Sehat ini masyarakat akan membiasakan diri bergaya hidup sehat, juga dapat membantu mengurangi pencemaran udara yang kita ketahui sangat mengganggu akhir-akhir ini. Bersepeda banyak manfaatnya sadar atau tidak sadar stamina akan lebih kuat, lebih berotot dan lebih bugar,” ucap Bamsoet, yang turut didampingi Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar beserta jajaran pejabat di lingkungan Setjen dan BK DPR RI, Sabtu (31/8/2019).

 

Politisi Partai Golkar tersebut menjelaskan bahwa setiap tahunnya DPR RI selalu menyelenggarakan kegiatan bersama masyarakat di setiap ulang tahunnya. Menurutnya ini membuktikan bentuk DPR sebagai wakil rakyat yang selalu berusaha mendekatkan diri serta terbuka kepada masyarakat Indonesia.

 

“Ini merupakan momentum HUT ke-74 DPR yang luar biasa. Ini adalah rumah rakyat, maka terbuka bagi seluruh rakyat untuk masuk ke dalam gedung ini. Jangan hanya mau demo saja baru ke sini. Jadi kalau bersenang-senang, berolahraga, dan bertemu wakil rakyat, silahkan, gedung ini sangat terbuka,” sebut Bamsoet.

 

Politisi dapil Jawa Tengah VII ini menambahkan, bahwa DPR RI telah melakukan berbagai langkah-langkah untuk menjaga agar pembangunan yang dilaksanakan pemerintah tetap terjaga dengan baik. Menurutnya sebagai lembaga legislasi, DPR RI akan terus mendorong kinerja pemerintahan hingga akhir masa jabatan. 

 

“Akan ada wajah-wajah baru di DPR, tapi dalam komposisi kepartaian fraksi kepartaian, politik tidak akan banyak berubah. Artinya 5 tahun ke depan tidak akan banyak terjadi perubahan. Kita tetap menjadi pengawas pemerintah, menyiapkan undang-undang yang dibutuhkan pemerintah dan rakyat sekaligus juga membahas dan menyetujui anggaran-anggaran yang dibutuhkan oleh pemerintah,” jelasnya.

 

Sementara itu, Sekjen DPR RI Indra Iskandar dalam sambutannya berharap pada usianya yang ke-74, DPR RI dapat mentransformasikan dirinya untuk menjadi lembaga yang terus pro rakyat. Dalam hal ini upayanya adalah mempermudah akses baik kunjungan secara langsung maupun secara digital. Pihaknya akan terus mengaplikasikan visi pimpinan Dewan, yaitu menjadikan DPR RI sebagai lembaga yang terbuka untuk umum.

 

“Jadi masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya. Selain itu dalam bentuk digital juga sudah kita upayakan. Jadi tidak hanya secara langsung tapi dalam akses digital juga kita berikan,” ucap Indra. Selain ‘Gowes Sehat DPR Bersama Rakyat’, rangkaian kegiatan lainnya yakni Lomba Panjat Bambu Betung, Lomba Mewarnai Bagi Anak-anak, dan pentas Dangdut Pro-Rakyat yang seluruhnya digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (er/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Bela Negara Dapat Ditempuh dengan Beragam Cara
13-09-2019 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan bahwa bela negara dapat ditempuh melalui cara yang beragam dan terbagi ke dalam cara...
DPR Raih Predikat WTP 2014-2018
12-09-2019 / PIMPINAN
DPR RI sukses meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI selama 5 tahun berturut-turut, atas...
Fahri Hamzah Luncurkan Buku ‘Arah Baru Kebijakan Kesejahteraan Indonesia’
12-09-2019 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah kembali meluncurkan buku terbarunya dengan judul ‘Arah Baru Kebijakan Kesejahteraan Indonesia’. Buku tersebut berisi...
UU Otsus Papua Perlu Direvisi
11-09-2019 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Fadli Zon menyampaikan, Undang-Undang (UU) Nomor 21 Tahun 2001 tentang...