Peserta Parlemen Remaja 2019 Sambangi Balai Kota dan TPS3R Bogor

04-09-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Kegiatan hari ketiga Parlemen Remaja 2019 diisi dengan agenda kunjungan kerja lapangan peserta Parlemen Remaja ke beberapa lokasi di Kota Bogor, diantaranya Balai Kota Bogor serta Instalasi Pengelolaan Sampah, yakni TPS 3R dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Bogor, Rabu (4/9/2019). Saat melaksanakan agenda tersebut, peserta Parlemen Remaja 2019  berperan sebagai Anggota Dewan yang menjalankan fungsi pengawasan.

 

Beberapa materi yang menjadi inti pembahasan adalah mengenai pengelolaan sampah di Kota Bogor, kendala dan solusi pengelolaan sampah di Kota Bogor, pandangan pemerintah kota Bogor terhadap sampah plastik, serta program-program atau campaign apa saja yang telah dilakukan pemerintah kota Bogor dalam mengurangi sampah, khususnya sampah plastik.

 

Sehari sebelumnya, para peserta Parlemen Remaja 2019 yang berjumlah 128 pelajar dan berasal dari 80 daerah pemilihan (dapil) juga telah melakukan Diskusi Panel yang mengangkat tema “Implementasi dan Revisi UU tentang Pengeolaan Sampah", dan simulasi Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) yang mengusung agenda "Pengelolaan Sampah Plastik" di Ruang Sidang II, Wisma Griya Sabha Kopo DPR RI, Bogor, Jawa Barat.

 

Hadir sebagai narasumber dalam diskusi panel tersebut Anggota Komisi VII DPR RI Tjatur Sapto Edy; Direktur Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK) Novrizal Tahar; serta Founder & Managing Director Waste 4 Change Mohamad Bijaksana Junerosano yang mewakili perspektif pemerhati lingkungan.

 

Sedangkan narasumber dalam RDPU adalah Chairman Inaplas Didi Susilo, yang memaparkan tentang perspektif pelaku industri atas isu terkait plastik, termasuk di dalamnya upaya pemerintah daerah dalam membatasi penggunaan kantong plastik sekali pakai (single use plastic). Narasumber kedua, yaitu Direktur & Koordinator Working Group Gerakan Diet Kantong Plastik Tiza Mafira. Agenda RDPU  tersebut dipimpin oleh Teddy Prasetiawan selaku Peneliti Muda Bidang Lingkungan di Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

 

Dalam agenda RDPU itu, Tiza mengatakan bahwa peserta Parlemen Remaja adalah agen perubahan yang sesungguhnya. Menurutnya,  meski bukan sebagai anggota parlemen sesungguhnya, namun Anggota Parlemen Remaja merupakan perwakilan dari daerah mereka masing-masing yang mempunyai konstituen di daerahnya masing-masing. “Untuk melakukan suatu perubahan, mereka tidak harus menunggu menjadi Anggota Parlemen sesungguhnya. Dan saya tidak menganggap sepele hal itu," ujar Tiza.

 

Pada kesempatan itu, Tiza menyatakan bahwa kesadaran anak muda masa kini jauh lebih tinggi daripada generasi orang tua mereka dalam hal kesadaran untuk tidak menggunakan kemasan plastik sekali pakai. "Justru generasi muda yang mengajarkan kepada generasi tua agar mereka menjalankan amanah undang-undang yang berkaitan dengan masalah pengelolaan sampah, khususnya sampah plastik," ucapnya.

 

Tiza menegaskan, pemerintah harus lebih fokus pada penegakan hukum dalam menjalankan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. "Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam menanggulangi permasalahan sampah, khususnya sampah plastik, Pemerintah Indonesia jangan lagi menerima impor sampah dari negara-negara luar. Selain itu harus ada pula perubahan sikap dari masyarakat dalam menyikapi penggunaan kemasan plastik secara bijak," tandasnya. (dep/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Penghargaan SPIP Level Tiga, Jadi Kado Spesial Ittama DPR di Usia 5 Tahun
17-09-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar mengapresiasi penghargaan yang diterima Inspektorat utama (Ittama) DPR RI berupa Maturitas Sistem Pengendalian...
Dukung Pengembangan SDM, Setjen Asesmen Pejabat Pelaksana
17-09-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Plt. Deputi Administrasi Sekretaris Jenderal DPR RI Nunu Nugraha Khuswara membuka rangkaian asesmen pejabat pelaksana di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR...
Sekjen DPR Terima Kunjungan Kehormatan Dubes India
15-09-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menerimakunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat. Indra mengungkapkan, pada...
Gelar Asesmen, Pengelolaan SDM di Setjen DPR Diharapkan Meningkat
14-09-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretariat Jenderal DPR RI menggelar asesmen kesesuaian jabatan (jobfit) di lingkungan Setjen DPR RI. Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Rahmad...