Fadli Zon Ziarah ke TMP Bersejarah Indonesia di Timor Leste

24-09-2019 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon berziarah ke TMP Seroja, Timor Leste. Foto: Dok/sf

 

 

Delegasi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja dan meninjau jembatan yang diberi nama B.J. Habibie di kota Dili, Timor Leste. Ziarah tersebut dilakukan masih dalam satu rangkaian kunjungan muhibah DPR RI ke Timor Leste dengan tujuan semakin mempererat hubungan kerja sama antara Indonesia-Timor Leste.

 

Taman Makam Pahlawan di Dili ini merupakan satu-satunya TMP milik Indonesia yang ada di luar negeri. Ada ribuan prajurit yang gugur sejak tahun 1975 yang berjuang mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Demikian diungkapkan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dalam press release yang diterima Parlementaria, Selasa (24/9/2019).

 

“Mereka dimakamkan di 13 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Timor Leste. Saya mendukung upaya untuk merelokasi makam-makam tersebut, agar dapat memudahkan keluarga para prajurit yang ingin berziarah,” ujar Fadli. Turut mendampingi, Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis dan Duta Besar RI untuk Timor Leste Sahat Sitorus.

 

Selain itu, DPR RI juga melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Timor Leste, Dionisio Babo Soares di kantor Kemenlu Republik Demokratik Timor Leste (RDTL). Fadli menjelaskan, dalam audiensi itu DPR RI menyambut baik rencana Pemerintah Timor Leste memberlakukan bebas Visa bagi warga Indonesia yang akan berkunjung ke Timor Leste.

 

“Kebijakan bebas Visa ini akan meningkatkan kontak antar rakyat kedua negara, yang diyakini akan meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan, serta kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan kedua negara,” terang Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) itu.

 

Usai bertemu dengan Menlu Timor Leste, Delegasi DPR RI juga melakukan pertemuan dengan tokoh nasional Timor Leste Xanana Gusmao di kantor Perdana Menteri Timor Leste. Fadli mengungkapkan, dirinya dan Xanana sepakat untuk mendorong penyelesaian persoalan perbatasan kedua negara serta meningkatkan potensi kerja sama perdagangan, industri, dan perikanan. Tak hanya itu, kontak antar masyarakat kedua negara juga perlu ditingkatkan.

 

“Untuk perbatasan, sudah ada langkah-langkah untuk penentuan patok-patok di darat, di laut akan menyesuaikan dengan yang di darat. Ini bisa diselesaikan sesuai dengan aturan yang ada. Karena tidak ada dispute dalam hal ini, hubungan RI dan RDTL sangat baik, kata Xanana ‘excellent’. Tinggal, bagaimana memperkuat kerja sama dengan kegiatan-kegiatan yang lebih konkret, terutama dalam bidang ekonomi dan perdagangan,” jelas Fadli.

 

Fadli juga menyampaikan kepada Xanana bahwa DPR RI dengan Pemerintah Indonesia telah membahas rencana pembangunan dermaga di Pulau Alor agar ada konektivitas dengan Timor Leste. Sehingga, akan meningkatkan interaksi dan volume perdagangan dan pariwisata, karena pada bulan-bulan tertentu ada ikan hiu, paus dan lainnya.

 

“Ini bisa jadi obyek wisata yang menarik, tentu harus dijaga agar tidak jadi perburuan liar. Di samping itu, pabrik-pabrik pengolahan ikan juga perlu dibangun baik di wilayah Indonesia maupun Timor Leste,” pungkas Politisi Partai Gerindra ini. (pun/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Bamus DPR Sepakati Jumlah Anggota AKD 2019-2024
18-10-2019 / PIMPINAN
Pimpinan DPR RI bersama Pimpinan Fraksi DPR RI menggelar rapat pengganti Badan Musyawarah (Bamus) untuk menentukan komposisi jumlah anggota serta...
Pembentukan AKD Disepakati dengan Prinsip Gotong Royong
18-10-2019 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Puan Maharani mengumumkan kesepakatan seluruh fraksi di DPR RI atas pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Untuk mengemban...
Ketua DPR Hadiri Perpisahan Kabinet Kerja Jokowi-JK
18-10-2019 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri perpisahan anggota Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)....
Ketua DPR Pastikan AKD Tetap 11 Komisi
16-10-2019 / PIMPINAN
DPR RI Periode 2019-2014 telah resmi bekerja selama dua pekan terakhir. Namun hingga saat ini, penentuan dan pembentukan Alat Kelengkapan...