Legislator Optimis Terhadap Kinerja Nadiem Makariem

29-10-2019 / LAIN-LAIN

Wakil Ketua Komisi X DPR RI pada Periode 2014-2019. Foto : Arief/mr

 

Pemilihan anggota Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo mendapatkan tanggapan yang beragam dari masyarakat. Salah satu menteri yang paling banyak menjadi perbincangan adalah Nadiem Makarim, yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Anggota DPR RI Hetifah Sjaifudian menunjukkan optimismenya terhadap kinerja mantan CEO Gojek itu.

 

“Pengalaman Nadiem mendirikan startup dari nol hingga menjadi decacorn yang begitu signifikan mengubah kehidupan masyarakat Indonesia membuktikan bahwa Nadiem adalah orang yang kompeten mulai dari tahap perencanaan strategi, eksekusi ide, hingga evaluasi,” ujar Hetifah yang menjabat Wakil Ketua Komisi X DPR RI pada Periode 2014-2019 itu, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

 

Politisi Partai Golkar itu meyakini hal-hal yang terkait birokrasi dan seluk beluk keadaan pendidikan di Indonesia dapat dipelajari Nadiem seiring berjalannya waktu. “Yang penting mau banyak belajar dan mendengar, baik pendapat para ahli maupun aspirasi dari masyarakat dan praktisi pendidikan,” tutur Hetifah.

 

Pasalnya, Hetifah menekankan bahwa birokrasi di lembaga pemerintahan sangat berbeda dengan di startup atau perusahaan swasta. “Harus didalami dengan sabar seluk beluknya. Mungkin ada hal-hal yang bisa dilakukan dengan cepat di startup, namun tidak begitu di pemerintahan,” ingat Hetifah.

 

Hetifah berpesan agar Nadiem dapat membawa efisiensi sistem kerja di swasta ke dalam Kemendikbud. Meski begitu, harus diperhatikan bagaimana disrupsi ini dapat diterima dengan baik oleh pihak-pihak terkait. “Seluruh ASN harus dirangkul, dipimpin dengan hati,” pungkas legislator dapil Kalimantan Timur itu.

 

Terakhir, Hetifah cukup memberikan apresiasi saat beberapa hari yang lalu, Nadiem sudah berkeliling kantor Kemendikbud dan berkenalan dengan para pegawainya. Saat memimpin rapat perdana dengan Eselon I Kemendikbud, Nadiem menyampaikan bahwa ia akan menjadi murid, bukan menjadi guru. (rnm/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
'Stand Up Comedy’ Sarana Tepat Tunjukkan Keterbukaan DPR
23-09-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi DPR RI Muhammad Farhan mengapresiasi penyelenggaraan Workshop Penulisan NaskahStand Up Comedy oleh Perpustakaan Sekretariat Jenderal DPR RI. Farhan...
PIA DPR Gelar Baksos Lawan Covid-19 di Kompleks Parlemen
15-09-2020 / LAIN-LAIN
Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI kembali menggelar bakti sosial (baksos) dalam rangka memperingati HUT ke-75 DPR RI yang jatuh...
Hakim Konstitusi Harus Negarawan
08-09-2020 / LAIN-LAIN
Jabatan hakim konstitusi merupakan salah satu jabatan yang persyaratannya diatur dalam UUD Negara Republik Indonesia 1945. Salah satu syarat yang...
DPR Hadiri Sidang Gugatan UU Perasuransian di MK
08-09-2020 / LAIN-LAIN
Tim Kuasa DPR RI diwakili Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun memberikan keterangan dalam Sidang Pleno Perkara Nomor 531.32/PAN.MK/8/2020...