Komisi III Setujui Permohonan Pertimbangan Kewarganegaraan Dua Atlet Olahraga

06-11-2019 / KOMISI III

Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir. Foto : Geraldi/mr

 

Rapat Kerja Komisi III DPR RI, yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga dan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum  menyetujui permohonan pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Fabiano Da Rosa Beltrame dan Peyton Alexis Whitted untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

"Pimpinan menawarkan dan menanyakan persetujuan bapak, ibu anggota Komisi III DPR RI, apakah Komisi III DPR RI dapat menyetujui permohonan pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Fabiano Da Rosa Beltrame dan Peyton Alexis Whitted untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perudang-undangan, setuju?" tanya Adies, di ruang rapat Komisi III DPR RI, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019. Selanjutnya dijawab "setuju" oleh para Anggota Dewan yang hadir.  

 

Meskipun disetujui, ada beberapa catatan dari fraksi-fraksi yang ada di DPR RI, salah satunya Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Mulyadi yang memberikan catatan agar kedua atlet naturalisasi ini mampu menghafal Pancasila dan mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya. "Kami harapkan atlet kita itu bisa hafal Pancasila dan mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya," ujarnya.  

 

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan, Peyton Alexis Whitted merupakan pemain bola basket profesional dari kewarganegaraan Amerika Serikat, sedangkan Fabiano Da Rosa Beltrame adalah pemain sepak bola profesional dengan kewarganegaraan Brazil. Keduanya sudah memiliki pengalaman dan prestasi di bidangnya masing-masing.

 

Permintaan permohonan kewarganegaraan ini dengan alasan keduanya telah berjasa kepada Republik Indonesia, atau untuk kepentingan negara. Menurut Menpora, naturalisasi atlet warga negara asing yang berprestasi dilakukan untuk memberikan motivasi dalam kemajuan olahraga nasional.

 

Pemerintah selalu berupaya untuk memajukan dunia olahraga sehingga Indonesia dapat memperoleh prestasi di kancah regional maupun internasional hingga akhirnya dapat membawa nama baik bangsa atas prestasi yang diraih atlet Indonesia di berbagai cabang olahraga.

 

Sementara itu di lain pihak, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Cahyo R Muzhar menjelaskan, Kementerian Hukum dan HAM telah menerima dan memeriksa berkas permohonan kewarganegaraan Republik Indonesia dari Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 9 Januari tahun 2019. Dia mengatakan, Kumham telah memeriksa persyaratan subtantif permohonan pemberian kewarganegaran dari Menteri Pemuda dan Olahraga. (eko/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Polri Harus Usut Oknum Imigrasi yang Bantu Djoko Tjandra
02-08-2020 / KOMISI III
Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri harus mengusut pula oknum imigrasi yang terlibat di balik pelarian Djoko Tjandra. Di sisi lain...
Polisi Diminta Tidak Tebang Pilih Tangani Kasus Intoleransi
30-07-2020 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsy berharap polisi tidak tebang pilih dalam menangani kasus tindakan intoleransi, dan...
Djoko Tjandra Harus Segera Ditangkap
15-07-2020 / KOMISI III
Kasus buron Djoko Tjandra memasuki babak baru. Setelah berhasil masuk Indonesia tanpa terdeteksi dan mendaftarkan peninjauan kembali (PK) ke PN...
Sahroni Tegaskan Perbaikan SIMKIM di Ditjen Imigrasi
14-07-2020 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni meminta kepada Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM untuk memperbaiki Sistem...