Setjen DPR Akan Laksanakan Pelatihan Menulis Press Release

06-11-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Damayanti. Foto : Naefuroji/mr

 

Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Damayanti mengatakan, sumber daya manusia (SDM) yang ada di bagian Biro Pemberitaan Parlemen (BPP) dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) harus bersinergi dalam memberikan pelayanan kedewanan yang berkaitan dengan publikasi kegiatan berbentuk press release, mengingat hal tersebut berkaitan dengan efisiensi dan akurasi kegiatan kedewanan.

 

"Kita akan adakan workshop yang berbagi. Jadi misalnya, untuk teman-teman di Pemberitaan (BPP) yang sering juga bertugas di luar atau dalam negeri itu akan berbagi ilmu soal penulisan berita. Begitupun staf komisi di AKD akan berbagi hal yang sama terkait tugas administrasi kedewanan," katanya usai memimpin Rapat Koordinasi Tim Website DPR RI, di Ruang Rapat Pansus B, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

 

Maya, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa berdasarkan hasil rapat dengan Pimpinan DPR RI, dituntut adanya kecepatan dalam penulisan press release. Di era ini, semuanya dituntut bekerja secara lebih modern, tidak lagi konvensional, dengan tentu memanfaatkan kemudahan melalui perangkat teknologi media sosial.

 

"Mumpung ini juga masa sidang baru dimulai, kita juga dengan pemikiran yang baru, jadi bisa lebih modern, jangan konvensional. Kita seringkali hanya bergantung dengan majalah, tetapi ada medsos (media sosial) kita bisa menyiarkan secara masif dengan cara-cara yang lebih murah, cepat dan terpercaya," katanya.

 

Maya berharap dengan akan dilangsungkannya workshop penulisan press release, sinergitas antara staf AKD dengan Biro Pemberitaan Parlemen berjalan lancar dan lebih baik, dengan menghadirkan berita atau informasi yang baik dan up to date.

 

Sementara itu, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Y.O.I Tahapari menyambut baik adanya gagasan untuk workshop penulisan press release tersebut. Menurutnya, press release menjadi sangat penting, karena menjadi ujung tombak informasi kedewanan terutama seputar rapat dan kegiatan Anggota DPR RI.


Hani, sapaan akrabnya, berharap kerjasama yang terjalin antara AKD dengan Biro Pemberitaan Parlemen menghasilkan satu kesamaan pendapat, yaitu untuk sama-sama melayani anggota DPR RI. "Khususnya, dalam meningkatkan pemberitaan DPR RI di lingkungan deputi bidang persidangan," tutupnya. (ndy/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kurban di Masa Pandemi, Setjen DPR Terapkan Protokol Kesehatan
03-08-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Suasana Idul Adha di tengah pandemi Covid-19 tak mengurangi semangat pengurus Masjid Baiturrahman DPR/MPR/DPD RI dalam menuntaskan kurban di KompleksParlemen,...
‘Whistle Blowing System’ Untuk Capai ‘Good Governance’ Ideal
30-07-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretariat Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan dibutuhkan pengawasan yang lebih baik untuk mencapai tata kelola good governance yang ideal,...
Pensiun Bukan Akhir Pengabdian PNS
30-07-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas pengabdian dan loyalitas yang telah...
Sekjen DPR RI Lantik Pejabat Struktural dan Fungsional
29-07-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar melantik 19 Pejabat Struktural dan Fungsional di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI. Pelantikan yang...