Komisi III Apresiasi Command Center Polda Bali Atasi Kepadatan Lalin

05-12-2019 / KOMISI III

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni bersama tim berkunjung ke Gedung Command Center Polda Bali, di Denpasar, Bali. Foto: Anne/rni

 

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengapresiasi command center Polda Bali. Menurutnya, sistem tersebut sangat efektif untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas (lalin) dan kemacetan, khususnya di waktu-waktu tertentu seperti menjelang perayaan hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). 

 

Command Center ini cukup baik karena bisa memantau semua arus lalin (lalu lintas) di Bali, mulai dari pelabuhan, bandara. Semoga sistem ini bisa menjadi role model di semua Polda,” kata politisi Fraksi Partai Nasdem ini usai berkunjung ke Gedung Command Center Polda Bali, di Denpasar, Bali, Rabu (4/12/19). Dari kunjungan ini, Komisi III DPR RI mendapatkan informasi kesiapan Polda Bali dalam melakukan pengamanan menjelang Nataru.

 

Ahmad Sahroni mengatakan Command Center mempermudah pengawasan dan koordinasi untuk menunjang kelancaran lalin. Penggunaan sistem keamanan berbasis  IT ini memudahkan monitoring situasi Kamtibmas. Sistem ini juga terintegrasi dengan aplikasi layanan pengaduan dalam jaringan atau "Salak Bali" yang merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi Layanan Kepolisian Bali.

 

Dengan begitu, sambungnya, laporan dari masyarakat melalui aplikasi layanan pengaduan tersebut bisa diproses dalam hitungan menit dan personel dapat langsung mendatangi lokasi kejadian gangguan ketertiban atau kemacetan yang dilaporkan. 

 

"Petugas keamanan bisa memberikan quick respons jika terjadi suatu permasalahan. Jadi kita bisa memantau arus lalu lintas langsung dari command center, dari ruangan kecil, jadi petugas tidak perlu lagi bergentayangan di jalan,” terangnya. 

  

Sementara itu, Kapolda Bali Petrus Reinhard Golose mengatakan modernisasi di lingkungan Polda merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat serta wujud kebijakan Kapolri yaitu profesional, modern, dan terpercaya. 

 

"Polda Bali memiliki alat canggih yang bisa memantau seluruh pergerakan masyatakat Pulau Bali hanya di dalam gedung Command Center, dengan kelengkapan 979 kamera CCTV yang terpasang di setiap sudut jalan di Pulau Bali," ujarnya sembari menambahkan situasi Bali saat ini tetap aman dan siap melakukan pengamanan, termasuk menyiagakan personel udalam rangka perayaan hari raya natal dan antisipasi terjadinya teror dan serangan. 

 

Untuk pengamanan lokasi perayaan tahun baru 2020 di tempat-tempat ramai pengunjung, Polda Bali akan menggelar operasi Lilin Agung 2019 dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas). (ann/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kemampuan Polri Tangani Aksi Terorisme Sudah Mumpuni
11-08-2020 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menilai selama ini kemampuan Polri sudah cukup baik dan mumpuni dalam menangani...
Penegakan Hukum Bisa Humanis, Tanpa Menakutkan
07-08-2020 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana menilai, penegakan hukum sebetulnya bisa dilakukan dengan cara humanis tanpa perlu melakukan kekerasan...
Polri Harus Usut Oknum Imigrasi yang Bantu Djoko Tjandra
02-08-2020 / KOMISI III
Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri harus mengusut pula oknum imigrasi yang terlibat di balik pelarian Djoko Tjandra. Di sisi lain...
Polisi Diminta Tidak Tebang Pilih Tangani Kasus Intoleransi
30-07-2020 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsy berharap polisi tidak tebang pilih dalam menangani kasus tindakan intoleransi, dan...