Kaukus Pemuda Parlemen Indonesia Tinjau Kondisi Pasca Banjir Jakarta

10-01-2020 / LAIN-LAIN

Anggota KPPI Puteri Anetta Komarudin yang tergabung dalam Kaukus Pemuda Parlemen Indonesia (KPPI) saat mengunjungi korban banjir dan di wilayah Jakarta Barat-Jakarta Timur, Jumat (10/1/2020). Foto : Azka/Man

 

Anggota DPR RI yang tergabung dalam Kaukus Pemuda Parlemen Indonesia (KPPI) menyambangi tiga titik lokasi yang menjadi korban banjir di Jakarta pada awal tahun 2020 lalu. Ketiga lokasi tersebut yaitu wilayah Kelurahan Semanan, Kalideres Jakarta Barat, wilayah Kelurahan Bidara Cina dan Kampung Pulo di daerah Kampung Melayu, Jakarta Timur.

 

Tujuan kedatangan mereka di tiga lokasi bencana pasca musibah banjir yang melanda Kota Jakarta adalah selain ikut memberikan bantuan berupa kebutuhan dasar, seperti sembako, alas tidur, keperluan balita, dan juga alat tulis sekolah, KPPI juga ingin mendengar langsung keluhan dan aspirasi dari masyarakat yang menjadi korban banjir itu.

 

Perwakilan KPPI yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni Puteri Anetta Komarudin (F-PG), Farah Puteri Nahlia (F-PAN), Muhammad Husein Fadlulloh (F- Gerindra), dan Bramantyo Suwondo (F-PD) sempat berdialog dengan pihak-pihak terkait dan juga warga masyarakat setempat, diantaranya pengurus Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin diwilayah Kelurahan Semanan Kalideres, dan juga petugas kesehatan yang bersiaga di Pos Kesehatan Puskesmas Kecamatan Kalideres Jakarta Barat.

 

"Kita dari KPPI DPR RI, selain ingin meninjau kondisi lokasi yang terkena musibah banjir, juga ingin mendengar langsung aspirasi dan keluhan dari warga masyarakat selama musibah banjir ini. Kita juga sudah melihat, selain masalah sampah pasca bencana banjir, banyak juga masalah yang terkait dengan infrastruktur sekolah yang ikut menjadi korban banjir yang rusak akibat ketinggian air yang melebihi tinggi orang dewasa," ucap Puteri Komarudin disela-sela kegiatan tinjauan tersebut, Jumat (10/1/2020).

 

Sementara itu, Anggota KPPI DPR RI lainnya, Farah Puteri Nahlia menyampaikan,  banyak hal yang akan mereka sampaikan kepada pemerintah selaku mitra kerja DPR RI, seperti mengenai seragam dan buku pelajaran murid-murid sekolah yang rusak akibat terkena banjir.

 

"Banjir yang dialami salah satu oleh madrasah di Kelurahan Semanan ini mencapai ketinggian 2,5 meter, hingga menyebabkan buku-buku pelajaran yang ada ikut hanyut dan menjadi rusak. Perabot dan piala-piala penghargaan milik sekolah juga terkena lumpur. Sementara para guru dan siswa tidak bisa melakukan aktifitas belajar mengajar seperti sebelumnya," papar Farah.

 

Dalam kesempatan itu, KPPI DPR RI mengapresiasi kinerja pemerintah yang cepat tanggap dalam mengatasi masalah banjir tersebut. Mereka menegaskan,  dibutuhkan sinergi dari semua pihak dalam mengatasi permasalahan banjir ini.

 

Selain memberikan bantuan berupa kebutuhan dasar, KPPI DPR RI juga ikut memberikan bantuan dukungan moral kepada para korban banjir disela-sela kesibukan warga memberikan lumpur dan kotoran sisa-sisa banjir.

 

Di waktu yang sama, KPPI yang diwakili Puteri Komarudin menyatakan, semua aspirasi dan masukan yang disampaikan warga masyarakat korban banjir di tiga titik lokasi itu akan dibahas dan didiskusikan dengan sesama anggota dewan lainnya guna mendapatkan solusi terbaik atas musibah tersebut.

 

Pasca bencana banjir yang melanda Jakarta beberapa waktu lalu, hampir di setiap titik lokasi tampak kesibukan para petugas kebersihan dan warga masyarakat yang tengah sibuk membersihkan rumah dan lingkungan di sekitar lokasi banjir itu. (dep/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
'Stand Up Comedy’ Sarana Tepat Tunjukkan Keterbukaan DPR
23-09-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi DPR RI Muhammad Farhan mengapresiasi penyelenggaraan Workshop Penulisan NaskahStand Up Comedy oleh Perpustakaan Sekretariat Jenderal DPR RI. Farhan...
PIA DPR Gelar Baksos Lawan Covid-19 di Kompleks Parlemen
15-09-2020 / LAIN-LAIN
Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI kembali menggelar bakti sosial (baksos) dalam rangka memperingati HUT ke-75 DPR RI yang jatuh...
Hakim Konstitusi Harus Negarawan
08-09-2020 / LAIN-LAIN
Jabatan hakim konstitusi merupakan salah satu jabatan yang persyaratannya diatur dalam UUD Negara Republik Indonesia 1945. Salah satu syarat yang...
DPR Hadiri Sidang Gugatan UU Perasuransian di MK
08-09-2020 / LAIN-LAIN
Tim Kuasa DPR RI diwakili Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun memberikan keterangan dalam Sidang Pleno Perkara Nomor 531.32/PAN.MK/8/2020...