Komisi I Apresiasi Kemenlu Berhasil Evakuasi WNI dari Wuhan

02-02-2020 / KOMISI I

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari. Foto : Naifuroji/Man

 

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengapresiasi keberhasilan Kementerian Luar Negeri RI bersama Kementerian Pertahanan, TNI dan Kementerian Kesehatan, serta semua stakeholder yang telah berhasil mengevakuasi 238 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Tiongkok, pasca wabah virus Corona.

 

“Alhamdulillah, Kemenlu bersama beberapa stakeholder berhasil membawa pulang WNI yang berada di Tiongkok, kembali ke Tanah Air, semua pihak bekerja keras dan kita harus berikan apresiasi, ini menunjukkan bahwa kita tidak akan meninggalkan WNI kita. Negara hadir dan berusaha semaksimal mungkin,”  jelas Kharis dalam keterangan tertulisnya kepada Parlementaria, Minggu (2/2/2020).

 

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini  menambahkan bahwa Komisi I DPR RI mendukung penuh semua langkah lanjutan terkait penggunaan pangkalan militer Indonesia di Kepulauan Natuna untuk karantina sementara WNI sesuai aturan Internasional sebagai upaya memulangkan WNI kita ke Tanah Air.

 

“Sebagaimana dijelaskan Panglima TNI,  pangkalan militer Natuna memiliki fasilitas rumah sakit yang mumpuni dengan letak rumah sakit di pangkalan militer yang tak jauh dari hanggar. Rumah sakit itu juga mampu  menampung hingga 300 orang yang  Jarak pangkalan militer dengan pemukiman warga, berkisar 6 kilometer dan saya beserta sejumlah Anggota Komisi I DPR RI sudah pernah kesana dan itu benar adanya,” terang Kharis.

 

Kharis juga mengingatkan kementerian terkait untuk menjaga dan memastikan sterilisasi kawasan sehingga kepulangan WNI menjadi kabar baik untuk Indonesia dan khususnya keluarga. “Kita harapkan semua WNI dan petugas yang menyertai berhasil melalui hari-hari observasi dan kembali bersama keluarga tanpa kurang apapun, sehat dan kuat, Insya Allah,” tutup legislator dapil Jawa Tengah V itu.

 

Sebelumnya, pesawat yang membawa 238 WNI dari Wuhan, China sudah mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam, Minggu pagi. Setibanya di Batam, mereka pun langsung diterbangkan ke Pulau Natuna dengan menggunakan pesawat yang disiapkan TNI AU, masing-masing adalah Hercules A -1315 dan dua Boeing AI 7304 dan A 7306. Selanjutnya, para WNI tersebut akan menjalani masa karantina di Natuna selama 14 hari ke depan. (ann/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi I Setujui DIM RUU Kerja Sama Indonesia - Swedia di Bidang Pertahanan
30-09-2020 / KOMISI I
Komisi I DPR RI menyetujui pembahasan tingkat lanjut Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pengesahan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah...
Percepat Transformasi Digital Nasional, Komisi I Setujui Anggaran Kominfo Rp 16,9 Triliun
23-09-2020 / KOMISI I
Komisi I DPR RI mendukung percepatan transformasi digital nasional dengan menyetujui pagu alokasi anggaran RAPBN TA 2021 Kementerian Komunikasi dan...
Komisi I Setujui Pagu Definitif 2021 Mitra Kerja
21-09-2020 / KOMISI I
Rapat Komisi I DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto menyetujui pagu alokasi anggaran RAPBN...
Sukamta: Perkuat Perlindungan Terhadap Sipil, TNI dan Polri di Papua
18-09-2020 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyoroti kasus penyerangan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Ia...