Perpustakaan DPR Buka Kolaborasi dan Kembangkan Kegiatan Lanjutan Aktivitas Membaca

11-03-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL

Kepala Bidang Perpustakaan Setjen dan BK DPR RI Elvira Dianti saat foto bersama penari pada kegiatan "Talkshow: Kesenian dalam Pembentukan Karakter Bangsa, Workshop Tari Bali, dan Sosialisasi Komunitas Tari Parlemen". Foto : Naifuroji/Man

 

Perpustakaan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI kini dengan wajah barunya membuka ruang membaca dan riset, mengkaji, berdiskusi, knowledge sharing, serta disediakan dan dikembangkan untuk aktivitas kolaborasi dengan internal, komunitas dan masyarakat. Kegiatan ini merupakan bentuk dari literasi DPR RI yang mengembangkan aktivitas lanjutan dari membaca, menyimak, berbicara dan menulis, guna mendekatkan masyarakat pada kelembagaan DPR RI.

 

Salah satu kegiatannya, Perpustakaan DPR RI menggelar “Talkshow: Kesenian dalam Pembentukan Karakter Bangsa, Workshop Tari Bali, dan Sosialisasi Komunitas Tari Parlemen”, yang dikhususkan bagi pegawai yang memiliki konten terhadap dunia seni tari. Diharapkan dengan adanya workhsop ini bisa menjadi sharing knowledge bagi pengembangan seni tari di DPR RI. Adapun diketahui, DPR RI sendiri juga memiliki Komunitas Tari Parlemen sebagai wadah pegawai menyalurkan minat dan bakatnya di bidang seni tari.

 

Kepala Bidang Perpustakaan Setjen dan BK DPR RI Elvira Dianti dalam kesempatan itu mengungkapkan bahwa Perpustakaan DPR RI ingin membangun nuansa baru yang tak saja memberikan ruang membaca dan riset yang sebenarnya sudah sangat umum dilakukan di perpustakaan manapun. Sehingga perlu ada nuansa baru bagi Perpustakaan DPR RI agar bisa lebih menarik minat bagi masyarakat untuk berkunjung.

 

“Perpustakaan DPR ini selain mengadakan redesain juga memanfatakan fasilitas yang sudah dibangun, untuk itu kita lakukan berbagai kegiatan, Kita sudah bangun ruang teater, diskusi, lounge, ruang riset dan kami perlu sosialisasi dan lakukan kegiatan agar perpustakaan ini dikenal masyrakat luas dan dimanfaatkan masyarakat,” tutur Elvira saat memberikan sambutan di kegiatan workshop dan talkshow Tari Bali di Ruang Perpustakaan DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

 

Elvira juga menuturkan bahwa nuansa perpustakaan yang lebih modern perlu didukung dengan kegiatan yang menunjang kompetensi banyak orang, sehingga nuansa baru tercipta dan tidak membuat orang bosan datang ke perpustakaan. “Kami bermaksud menciptakan nuansa baru di perpustakaan. Sekarang kita berbenah bahwa selain kita bisa membaca buku, perpustakaan juga bermanfaat bagi hal lain seperti menyalurkan passion, kreatifitas, sharing knowledge tentang berbagai hal yang disukai banyak orang,” terangnya.

 

Selain itu, Elvira menuturkan ke depannya perpustakaan akan menggelar kegiatan dengan tema yang lebih variatif. Sehingga kegiatan pengembangan minat dan bakat ini tidak saja dilakukan sekali atau dua kali, tetapi berkelanjutan. “Dengan acara yang dihadiri oleh peserta yang sesuai dengan passion-nya, ini memberikan antusiasi bagi peserta untuk datang. Kedepannya kita juga akan berharap tema yang diambil lebih variatif dan berkelanjutan. Sekarang Tari Bali, bisa saja berikutnya Tari Jawa atau Sumatera, atau Modern Dance,” tuturnya.

 

Di akhir sambutan, Elvira juga berharap Komunitas Tari Parlemen mampu men-support Parlemen melalui berbagai kegiatan nasional maupun internasional. Tentunya hal ini perlu diiringi berbagai dukungan guna meningkatkan kompetensi dan pembekalan bagi pecinta tari yang tergabung dalam Komunitas Tari Parlemen.

 

Diketahui, workshop ini menghadirkan narasumber I Ketut Wana dari Sanggar Tari Bali Wira Kencana dan untuk talkshow disi oleh Wulan Desiari selaku profesinal tari dari Kinarya GSP. Kegiatan ini juga dimeriahi oleh pertunjukan tari dari Komunitas Tari Parlemen dan sangat mendapat antusiasme dari peserta yang hadir. (hs/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Penghargaan SPIP Level Tiga, Jadi Kado Spesial Ittama DPR di Usia 5 Tahun
17-09-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar mengapresiasi penghargaan yang diterima Inspektorat utama (Ittama) DPR RI berupa Maturitas Sistem Pengendalian...
Dukung Pengembangan SDM, Setjen Asesmen Pejabat Pelaksana
17-09-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Plt. Deputi Administrasi Sekretaris Jenderal DPR RI Nunu Nugraha Khuswara membuka rangkaian asesmen pejabat pelaksana di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR...
Sekjen DPR Terima Kunjungan Kehormatan Dubes India
15-09-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menerimakunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat. Indra mengungkapkan, pada...
Gelar Asesmen, Pengelolaan SDM di Setjen DPR Diharapkan Meningkat
14-09-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretariat Jenderal DPR RI menggelar asesmen kesesuaian jabatan (jobfit) di lingkungan Setjen DPR RI. Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Rahmad...