Pemerintah Perlu Konsenterasi pada Anggaran untuk Atasi Covid-19

21-03-2020 / BADAN ANGGARAN

Anggota Badan Angaran DPR RI Mulyadi. Foto : Jaka/Man

 

Anggota DPR RI Mulyadi menilai virus Corona (Covid-19) yang merebak akhir-akhir ini berdampak terhadap seluruh sendi kehidupan bangsa. Ia meminta pemerintah bergerak cepat dalam mengatasi penyebaran Covid-19. Jika pemerintah lambat merespon, jumlah masyarakat yang terdampak virus Corona akan semakin meningkat dan tentu saja menganggu perekonomian Indonesia. 

 

"Saat ini, korban akibat Covid-19 terus bertambah. Bahkan rasio meninggalnya korban sangat besar jika dibandingkan negara lain. Selain itu, nilai tukar rupiah terus melemah, bursa saham terus merosot, hingga harga kebutuhan yang terus meningkat," ungkapnya melalui rilis yang diterima Parlementaria, Sabtu (21/3/2020). 

 

Untuk mengatasi hal itu, Mulyadi meminta pemerintah bersinergi dengan DPR RI dalam membuat kebijakan khusus, tidak hanya mengatasi penyebaran virus Corona såja, tetapi juga dampak-dampak buruk yang muncul kemudian. 

 

"Saatnya pemerintah duduk bersama dengan DPR RI untuk mengatasi situasi ini, terutama dalam membuat legitimasi dan persetujuan anggaran yang perlu dikonsentrasikan untuk mengatasi Covid-19," kata politisi Fraksi Partai Gerindra itu.

 

Terkait permasalahan anggaran, Anggota Badan Anggaran (Bangar) DPR RI ini mengusulkan agar alokasi anggaran infrastruktur dan sektor lainnya yang tidak prioritas bisa direalokasikan untuk penanganan Covid-19 serta dampaknya. 

 

"Pemerintah harus bergerak cepat dengan mendukung anggaran yang maksimal. Pihak eksekutif juga harus segera memperbaiki koordinasi dan mencari solusi untuk keluar dari masalah ini, terutama kesiapan SDM dan peralatan kesahatan," katanya. 

 

Selain itu, untuk mengurangi keresahan rakyat. Mulyadi meminta agar informasi terkait virus Corona dibuat satu pintu. "Jangan ada orang di luar kepentingan berbicara tentang Covid-19, sehingga masyarakat jadi bingung dan resah," ucap politisi dapil Jawa Barat V itu. 

 

Mulyadi juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik menghadapi situasi ini. "Masyarakat harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan, tetap tenang, berdoa agar musibah ini segera berlalu dan percayakan kepada pemerintah," tutupnya. (rnm/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kebijakan Fiskal Ekspansi-Konsolidatif RAPBN 2021 Untuk Bangkitkan Ekonomi
20-07-2020 / BADAN ANGGARAN
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, MH Said Abdullah meminta pemerintah merancang kebijakan fiskal ekspansi-konsolidatif dalam merumuskan RAPBN 2021 agar...
Penanganan Covid-19 Jadi Landasan dalam Pemulihan Sosial Ekonomi
15-07-2020 / BADAN ANGGARAN
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI MH. Said Abdullah menegaskan, penanganan Covid-19 saat ini akan menjadi landasan dalam pemulihan sosial...
Banggar DPR Ingatkan Pemerintah Target Pajak 2021
09-07-2020 / BADAN ANGGARAN
Badan Anggaran (Banggar) DPR RI memberi catatan kepada Pemerintah terkait dengan target penerimaan pajak pada tahun2021. Berdasarkan catatan dari Panitia...
Banggar DPR Sepakati Asumsi Makro RAPBN 2021 Dengan Sejumlah Catatan
01-07-2020 / BADAN ANGGARAN
Badan Anggaran (Banggar) DPR RI bersama pemerintah menyepakati asumsi makro pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021. Memimpin...