Legislator Desak Pemprov Realokasi Anggaran bagi APD Tenaga Medis

24-03-2020 / KOMISI II

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus. Foto : Dok/Man

 

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mendesak Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat untuk merealokasi anggaran belanja pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk alat pelindung diri (APD) tenaga medis. Dikatakannya, meski di Sumbar belum ada yang positif virus Corona (Covid-19), tapi wabahnya kian meluas dan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) terus meningkat.

 

“Tidak hanya APD tenaga medis, tapi peralatan dan kebutuhan lain yang sangat dibutuhkan untuk melindungi tenaga medis dan masyarakat dari ancaman risiko Covid-19 perlu disiapkaan,” sebut Guspardi dalam rilisnya kepada Parlementaria, Selasa (24/3/2020). Guspardi menyebut, wabah Corona yang kian meluas itu, butuh dana yang besar untuk membiayai keperluan yang berkaitan dengan tenaga medis dan masyarakat.

 

“Hal ini tidak bisa dipandang sebelah mata, mengingat di daerah lain seperti Jakarta, sudah banyak yang menjadi korban, baik yang positif Corona maupun yang meninggal," ujar legislator dapil Sumatera Barat II itu sembari mengimbau agar pos-pos belanja yang tidak esensial meski sudah dianggarkan agar segera disetop dan dialihkan untuk keperluan biaya pengadaan peralatan dan obat untuk hindari risiko Covid-19.

 

"Sekarang harus cepat dan tepat dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 ini.  Melakukan penyemprotan disinfektan hingga melahirkan kebijakan belajar dipindahkan dari sekolah ke rumah serta bekerja dari rumah (Working From Home) itu adalah langkah yang bagus, tapi juga mesti di back-up dengan dukungan dana untuk membeli ADP maupun obat untuk pencegahan virus Corona ini," tandasnya.

 

Oleh karenanya politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut mengimbau kepala daerah, baik provinsi, kabupaten/kota dan legislatif untuk menyepakati realokasi anggaran untuk pencegahan Corona. "Jangan dulu korban jatuh, baru kita melangkah ke sana. Harus cepat dan tepat kita bersikap dan bertindak," tegasnya.

 

Guspardi berharap tenaga medis yang menjadi garda terdepan yang menangani dan pencegahan Corona, APD-nya harus memadai. "Peralatan lain yang mendukung, juga harus disiapkan. Langkah ini dilakukan agar bisa menekan penyebaran virus Covid-19 di tengah masyarakat," pungkasnya. (dep/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Mendagri Tak Hadir, Komisi II Batalkan Raker
08-04-2020 / KOMISI II
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tak muncul dalam Rapat Kerja (Raker) virtual dengan Komisi II DPR RI. Raker akhirnya dibatalkan...
Alihkan Anggaran Pemindahan IKN untuk Penanganan Covid-19
06-04-2020 / KOMISI II
Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mendesak pemerintah untuk menunda dulu rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru dan...
Implementasi Keppres Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Masih Membingungkan
01-04-2020 / KOMISI II
Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menilai Keputusan Presiden (Keppres) tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang telah dikeluarkan Presiden...
Komisi II Setujui Penundaan Tahapan Pilkada Serentak 2020
31-03-2020 / KOMISI II
Melihat perkembangan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum terkendali dan demi mengedepankan keselamatan masyarakat, Komisi II DPR RI menyetujui...