GOPAC Tetap Konsisten Promosikan Antikorupsi

15-07-2020 / B.K.S.A.P.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon memimpin rapat virtual Komite Eksekutif GOPAC, Selasa (14/7/2020) malam di Jakarta. Foto : Abu/Man

 

Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC) kembali ingin menegaskan dirinya untuk selalu konsisten mempromosikan gerakan antikorupsi kepada dunia. Gerakan ini terus berjalan meski di tengah pandemi Covid-19.

 

Demikian mengemuka saat Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon memimpin rapat virtual Komite Eksekutif GOPAC, Selasa (14/7/2020) malam di Jakarta. Fadli sendiri adalah Wakil Ketua GOPAC. Rapat tersebut membahas rencana aktivitas GOPAC tahun 2020.

 

GOPAC yang merupakan satu-satunya organisasi parlemen dengan tujuan tunggal memberantas korupsi di seluruh dunia, berkomitmen secara aktif mempromosikan dan memperkuat peran parlemen mengambil tindakan terukur melalui berbagai program dalam gerakan global anti-korupsi.

 

Dalam keterangan pers yamg diterima Parlementaria, Fadli mengapresiasi semangat dan komitmen para anggota Komite Eksekutif yang terus berjuang bersama memberantas korupsi meski di tengah situasi pandemi corona. Diharapkan ke depan GOPAC mampu meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan organisasi-organisasi internasional lainnya dalam memberantas korupsi.

 

Sebagai anggota dari United Nations Economic and Social Council (UN-ECOSOC), GOPAC akan secara aktif mengawal dan berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan sesi khusus anti-korupsi dalam sidang umum PBB (UN Special Session of The General Assembly Against Corruption) yang akan dilaksanakan pada 26-28 April 2021.

 

Fadli juga mendorong anggota GOPAC melalui chapter nasional maupun regional, memberikan pernyataan mengenai kesuksesan inisiasi anti-korupsi yang dibentuk oleh parlemen-parlemen negara anggota GOPAC. GOPAC juga akan berpartisipasi dalam 19th Internasional Anti-Corruption Conference (IACC) yang dijadwalkan terselenggara pada 1-4 Desember di Busan, Korea Selatan.

 

IACC merupakan forum utama global untuk menyatukan kepala negara, masyarakat sipil, swasta, dan stakeholder lainnya untuk mengatasi tantangan yang semakin canggih yang ditimbulkan oleh korupsi. GOPAC secara rutin mengadakan sesi khusus dalam kegiatan IACC dengan mengangkat isu anti-korupsi dalam persepsi dunia parlemen.

 

Rapat Komite Eksekutif GOPAC ini juga dihadiri oleh Ketua GOPAC H.E. Ahmad bin Zaid Al Mahmoud (Ketua Shura Council Qatar), Wakil Ketua GOPAC H.E. Justin Muturi (Ketua Parlemen Kenya), Wakil GOPAC Dr. Carlos Alberto Perez Cuevas (Mexico), Sekretaris GOPAC John Hyde (Australia), Bendahara GOPAC Mary King (Trinidad and Tobago), dan Member-at-Large. (mh/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
BKSAP – AIPA Fokus Tingkatkan Kualitas Pendidikan di ASEAN
30-07-2020 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Mardani Ali Sera mengikuti meeting virtual yang diselenggarakan oleh ASEAN...
Dyah Roro Bicara Tiga Faktor Fundamental dalam Demokrasi Lingkungan
30-07-2020 / B.K.S.A.P.
Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Dyah Roro Esti mengatakan Demokrasi Lingkungan didasarkan pada gagasan bahwa pembuatan keputusan yang...
GKSB DPR Indonesia - Turki Dukung Penyelesaian IT- CEPA
16-07-2020 / B.K.S.A.P.
Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Indonesia – Turki Muhammad Farhan mendukung penyelesaian perundingan perdagangan bebas Indonesia – Turki (IT...
Parlemen Indonesia – Peru Pererat Kerja Sama di Berbagai Bidang
15-07-2020 / B.K.S.A.P.
Badan Kerja Sama Antar-Parlemen DPR RI melakukan virtual meeting dengan Parlemen Peru dan Duta Besar Peru. Anggota BKSAP DPR RI...