Setjen DPR Sosialisasi Aplikasi Pengaduan Masyarakat

29-07-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL

Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Damayanti (kanan) saat sambutan sosialisasi aplikasi “Sidumas” di Ruang Rapat Pansus, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (29/7/2020). Foto : Oji/Man

 

Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Damayanti mengatakan, kehadiran Aplikasi Administrasi Pengaduan Masyarakat (Sidumas) diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja, baik di lingkungan Sekretariat Jenderal maupun Dewan. Selain itu, adanya aplikasi ini menjadi momentum bagi pergerakan reformasi birokrasi yang makin akuntabel, serta komitmen mewujudkan profesionalisme aparatur di lingkungan Setjen DPR RI.

 

Maya, sapaan akrab Damayanti, dalam sambutan sosialisasi aplikasi “Sidumas” di Ruang Rapat Pansus, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (29/7/2020) menuturkan, Biro Hukum dan Pengaduan Masyarakat adalah salah satu unit kerja penting di DPR RI, karena program ini sejalan dengan visi misi DPR RI, yakni fungsi representasi menuju Parlemen Modern.

 

“Untuk itu saya meminta agar semua elemen unit kerja yang terhubung dalam proses pengaduan masyarakat bersama-sama bergotong royong dan bersinergi dalam mengelola sistem aplikasi pengaduan masyarakat yang terbaru ini, sehingga kita dapat memproses pengaduan masyarakat secara tepat dan cepat,” ujar Maya.

 

Khusus untuk Komisi atau Badan yang merupakan ujung tombak untuk meningkatkan layanan publik terkait pengaduan masyarakat, Maya meminta agar ada realisasi dan komitmen bersama guna menindaklanjuti setiap aduan yang diterima. Menurutnya, aplikasi baru “Sidumas” sudah dapat dipergunakan secara online, sehingga mempermudah unit terkait untuk memproses dan memantau progress dari aduan masyarakat tersebut.

 

“Jadi tidak ada alasan komisi telat menerima aduan masyarakat, kedua ada fasilitas yang mencatat apakah aplikasi di Komisi itu sudah ditindaklanjuti atau belum. Ini juga sangat bermanfaat bagi peningkatan kinerja dewan sebagai representasi dari masyarakat, artinya semua pengaduan dari masyarakat dapat ditindaklanjuti,” jelas Maya

 

Selain itu, Maya juga mengimbau agar pegawai lebih membuka diri jika menerima pengaduan terkait kinerja pegawai di lingkungan Setjen itu sendiri.  Dengan harapan dapat mewujudkan akuntabilitas kinerja di lingkungan lembaga pemerintahan, sesuai dengan agenda reformasi birokrasi. “Saya meminta semua berbesar hati terhadap perubahan diri sendiri dan menerima pengaduan-pengaduan kinerja jika ada untuk kemajuan kita bersama,” pesan Maya. (ann/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Jajaran Biro Perencanaan dan Keuangan Setjen DPR Tandatangani Komitmen Kerja
13-08-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Seluruh jajaran dari mulai staf, Kepala Sub Bagian, Kepala Bagian, sampai dengan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal DPR...
Pengurus DWP Setjen DPR RI Dikukuhkan
11-08-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Pengukuhan Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Jenderal DPR RI Periode 2020 - 2024 di Gedung Sekretariat Jenderal DPR RI,...
Sidang Tahunan 2020 akan Tegakkan Protokol Kesehatan
10-08-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar meyakini pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka...
Jelang Sidang Tahunan, Kompleks Parlemen Disemprot Disinfektan
09-08-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kompleks Parlemen kembali disemprot disinfektan oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat. Sekretaris Jenderal DPR RI...